Badriyah, Nur (2010) KORELASI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MEKARWANGI KEC. SUKAMANTRI KAB CIAMIS. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (47kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (579kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (46kB)
Abstract
ABSTRAK: Nur Badriyah. KORELASI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MEKARWANGI KEC. SUKAMANTRI KAB CIAMIS. Tanggung jawab pendidikan merupakan tanggung jawab Bersama antara orang tua (keluarga), masyarakat dan Pemerintah. Keberhasilan proses pendidikan tidak hanya ditentukan oleh guru sebagai pendidik, akan tetapi banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain baik faktor yang ada pada diri siswa itu sendiri, maupun faktor yang ada di luar siswa dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi adalah faktor keberhasilan proses dalam proses pendidikan hádala, peranan orang tua dalam mebimbing dan mendorong anaknya-anaknya untuk terus melaksanakan pendidikan dengan penuh motivasi dan kesungguhan kesdaran orang tua terhadap kesertaan dalam memperhatikan perkembangan siswa juga sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan orang tua itu sediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua, mengetahui prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqih di Madrasah Tsanawiayh Negeri Mekarwangi Kec. Sukamantri Kab. Ciamis. untuk mengetahui korelasi tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian. Sebelum diadakan perhitungan secara statistik, utama yang harus ditentukan adalah populasi dan sampel penelitian,penulis dalam penelitian ini mengambil sampel purposif sebanyak 50 orang peserta didik madrasah tsanawiyah negeri mekarwangi. Berdasarkan hasil pengelolaan data diperoleh bahwa tingkat pendidikan orang tua di MTs.N Mekarwangi tinggi (Me-53,32 berada pada skala penafsiran 49 dan 54 dengan klasifikasi tinggi). Sedangkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih di MTs.N Mekarwangi tergolong sangat baik (Me-75 baik). Dan korelasi tingkat pendidikan orang tua terghadap prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqih mempunyai korelasi. Hal ini terbukti dari hasil tingkat korelasi nya rs-0,25 berada pada interval 0,20-0,40. yang menurut klasifikasi Gwilford termasuk kategori rendah, sehingga terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqih. Disarankan kepada para peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji fakto-faktor yang turut berkorelasi terhadap tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 15 Oct 2023 10:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2023 10:08 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/452 |