PENGGUNAAN LAYANG-LAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DAN SIFAT-SIFAT KERTAS BANGUN DATAR LAYANG-LAYANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATEMATIKA ( Penelitina Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis)

Nurfarida, Mala (2010) PENGGUNAAN LAYANG-LAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DAN SIFAT-SIFAT KERTAS BANGUN DATAR LAYANG-LAYANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATEMATIKA ( Penelitina Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (36kB)

Abstract

Mala Nurfarida: PENGGUNAAN LAYANG-LAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DAN SIFAT-SIFAT KERTAS BANGUN DATAR LAYANG-LAYANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ( Penelitina Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis). Pendidikan merupakan suatu proses memperoduksai serta mengolaborasi sistem nilai dan budaya ke arah yang lebih baik. Sedangkan belajar merupakan suatu proses dalam diri seseorang yang mengubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman. Salah satu mata pelajaran yang turut berperan penting dalam membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif adalah mata pelajaran matematika. Meskipun demikian, pengamatan terhadap realitas di lapangan tentang pembelajaran matematika di Sekolah Dasar menunjukan sejumlah kelemahan. Uraian di atas mendorog penulis untuk membuat sebuah model pembelajaran dengan alat peraga sederhana yang diperkirakan mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang sifat-sifat bangun datar layang-layang. Ketertarikan penulis ini dituangkan dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul "Penggunaan Layang-Layang Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Dan Sifat-Sifat Bangun Datar Layang-Layang Pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitina Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis). Karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas tentang penggunaan alat peraga layang-layang dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran bangun datar layang-layang di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dalam penguasaan konsep sifat-sifat bangun datar layang-layang dengan menggunakan alat peraga sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Ciakar Kecamatan Cijulang kabupaten Ciamis dalam menghitung luas bangun datar dengan penggunaan metode diskusi dapat ditingkatkan. Rata-rata nilai siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 58,33% pada siklus 2 meningkatkan menjadi 100%. Nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 62,50 sedangkan pada siklus 2 nilai kualitas penulisan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. rata-rata naik menjadi 72,50. Peningkatan ini terjadi karena adanya peningkatan pengembangan dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Kepada semua pihak yang terkait, agar melakukan inovasi dan kmampuan siswa dalam menghitung luas matemargun datar dengan menggunakan metode diskusi di kelas V SDN 1 Ciakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions:
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:57
Last Modified: 18 Oct 2023 01:57
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item