Handayani, Sri (2013) PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMPN 2 Pagerageung Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (37kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (666kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (124kB)
Abstract
ABSTRAK: Sri Handayani. PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMPN 2 Pagerageung Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya). Program remedial merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru ketika telibat persentase hasil penilaian belajar peserta didik tidak optimal. pembelajaran Remedial adalah upaya guru dalam membantu sisiwa-peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan jalan mengulangi atau mencari kegiatan lain sehingga yang bersangkutan dapat mengembangkan dirinya secara optimal dan dapat mencapai tingkat keberhasilan yang diharapkan." (Endang 1981: 80) Kurangnya efektifnya remedial teaching di sekolah mengakibatkan rendahnya. Sikap belajar peserta didiknya Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh positif antara remedial teaching dengan sikap belajar peserta didik di SMPN 2 Pagerageung Kecamatian Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana remedial teaching, bagaimana sikap belajar peserta didik, dan bagaimana pengaruh remedial teaching terhadap sikap belajar peserta didik di SMPN 2 Pagerageung Kecamatan Pagerageung? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui remedial teaching, sikap belajar peserta didik, dan pengaruh remedial teaching terhadap sikap belajar peserta didik di SMPN 2 Pagerageung Kecamatan Pagerageung. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa Pelaksanaan remedial teaching berada pada klasifikasi sangat baik terlihat dari hasil analisis skor 88,6%. Sikap belajar peserta didik berada pada klasifikasi sangat baik terlihat dari hasil analisis skor 87,3%. Sedangkan pengaruh remedial teaching terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menurut anggapan peserta didik dengan 30 orang sampel di kelas VIILA SMPN 2 Pagerageung Kecamatan Pagerageung diperoleh hasil perhitungan diketahui bahwa pengaruh variabel x (remedial teaching) terhadap variabel y (sikap belajar peserta didik) adalah sebesar 49%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan (Ha) "terdapat Pengaruh positif dan signifikan dari remedial teaching terhadap sikap belajar perta didik di SMP 2 Pagerageung" diterima dan (Ho) "tidak terdapat pengaruh dan signifikan dari remedial teaching terhadap sikap belajar peserta didik di SMP 2 Pagerageung" ditolak karena thiung 5 dan tabel 1,701, maka dengan demikian ternyata tinmg lebih besar daripada table.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:27 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/459 |