PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASINYA DALAM MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS (Penelitian di Kelas II MTs Darul I Pasirgelis)

Patimah, N. Iiim (2008) PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASINYA DALAM MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS (Penelitian di Kelas II MTs Darul I Pasirgelis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (583kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK: N.lim Patimah. PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASINYA DALAM MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS (Penelitian di Kelas II MTs Darul I Pasirgelis). Bahwasanya belajar itu merupakan aktivitas atau kegiatan fisik maupun mental. Dengan kata lain aktivitas itu merupakan prinsif atau azaz yang sangat penting didalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu aktivitas merupakan bagian dari proses belajar, maka bisa diramalkan apabila seorang siswa mempunyai aktivitas yang baik dalam belajar, maka siswa tersebut akan mencapai keberhasilan belajar yang baik pula, begitu pula sebaliknya tinggi prosentase aktivitas belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits tidak disertai tingginya prestasi belajar siswa itu, malahan sebaliknya. Permasalahannya bagaimana aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits? Bagai mana pula prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits? Dan selanjutnya memunculkan permasalahan bagaimana pengaruh aktivitas belajara siswa terhadap prestasinya dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits, mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qyuran Hadits dan hubungan diantara keduanya. Yang menjadi dasar pemikiran dalam penelitian ini adalah dengan aktivitas sejati yaitu aktivitas belajar sambil bekerja, siswa memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan serta perilaku lainnya termasuk sikap dan nilai sehingga tarap keberhasilan belajar bisa teroptimalkan. Atas dasar asumsi tersebut diajukan hipotesis kerja terdapat pengaruh yang berarti antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasinya dalam matra pelajaran Al-Quran Hadits. Guna menguji hipotesis tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriftif" teknik pengumpulan data menggunakan tes angket" studi perpustakaan dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara aktivitas belajar siswa dengan prestasinya dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits. Hal ini diketahui berdasarkan nilai angka indeks korelasi rs= 10,1184 dengan klasipikasi rendah. Hubungan kedua pariabel juga signipikan terbukti dengan 37, 167396 hasil tersebut sekaligus menunjukan bahwa hipotesis kerja diterima, sedangkan hipotesis nihil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:14
Last Modified: 23 Oct 2023 02:14
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item