PENGARUH KETELADANAN GURU AGAMA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI MARGASARI KECAMATAN PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS

H. Suratman, H. Suratman (2002) PENGARUH KETELADANAN GURU AGAMA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI MARGASARI KECAMATAN PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (562kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK: H. SURATMAN. PENGARUH KETELADANAN GURU AGAMA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI MARGASARI KECAMATAN PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS. Dalam rangka mengupayakan mutu pendidikan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, maka beberapa cara yang harus dikembangkan dan dibiasakan oleh para pendidik, selain pengembangan kurikulum juga contoh-contoh perilaku yang baik dan terpuji dari semua perangkat sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru agama terhadap perilaku peserta didik di SD Negri Margasari Kecamatan Pamarican, yang berpijak kepada sebuah teori yang menyatakan bahwa kualitas pendidikan tergantung pada peranan guru dalam proses belajar mengajar. Maka dapat dikemukakan bahwa semakin baik guru agama dalam melaksanakan perannya sebagai pendidik dan pengajar maka semakin baik pula keberhasilan yang diperoleh peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu metode yang memusatkan perhatiannya kepada permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini. Sedangkan pengumpulan data yang di perlukan digunakan teknik angket (kuesioner), untuk menganalisa data menggunakan statistika Non Parametrik (Korelasi Rank Spearman) high 43. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang cukup / sedang antara peranan guru agama sebagai pendidikdan pengajar terhadap perilaku librar pengajar peserta didik, dengan koefisien korelasi 0,45. dari uji t diperoleh bahwa t hitung (15,50) ≥ t tabel (1,71). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara pengaruh keteladanan guru agama terhadap perilaku belajar peserta didik, berada pada klasifikasi cukup/sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:51
Last Modified: 23 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item
View Item