Aprianti, Okta (2001) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG DIBERI PR DENGAN YANG TIDAK DIBERI PR PADA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian di SDN 1 Kertaraharja dan SDN 2 Kertaraharja Kelas IV). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (31kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (78kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (52kB)
Abstract
ABSTRAK: OKTA APRIANTI. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG DIBERI PR DENGAN YANG TIDAK DIBERI PR PADA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian di SDN 1 Kertaraharja dan SDN 2 Kertaraharja Kelas IV). Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan prestasi belajar peserta didik yang diberi PR dengan yang tidak diberi PR pada pelajaran matematika di SDN 1 Kertaraharja dan SDN 2 Kertaraharja Kelas IV Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan dua masalah atau lebih. Metode komparatif dilakukan secara alamiah, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan instrument yang bersifat mengukur. Hasilnya dianalisis secara statistik untuk mencari perbedaan diantara variabel-variabel yang diteliti. Hasil pengolahan data untuk variabel X1(prestasi belajar peserta didik yang diberi PR pada mata pelajaran Matematika) mengenai prestasi belajar peserta didik yang diberi PR pada mata pelajaran Matematika adalah mempunyai nilai rataan sebesar 81,31 maka menurut kriteria perhitungan termasuk sangat baik, karena berada di klasifikasi sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan, berarti bahwa prestasi belajar peserta didik yang diberi PR pada mata pelajaran Matematika di SD N 1 Kertaraharja sangat baik. Sedangkan analisis variabel X2 (prestasi belajar peserta didik yang tidak diberi PR pada mata pelajaran Matematika) mempunyai nilai rataan sebesar 67,87 maka menurut kriteria perhitungan termasuk baik karena berada pada klasifikai baik. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang tidak diberi PR pada mata pelajaran Matematika di SD N 2 Kertaraharja baik. Hasil penelitian menunujukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang signifikan antara yang diberi PR dengan yang tidak diberi PR, dengan perhitungan hitung = 4,48 lebih kecil daripada tabel = 94,4 atau 4,48≤ 94,4. Dalam keadaan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dapat diterima, sedangkan hipotesis nihil (H.) ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:37 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:37 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/481 |