Kusmana, Ruman (2005) UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBANGKITLAN MOTIVASI BELAJAR SISWA HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di kelas VI SD Negeri | Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (42kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (463kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (58kB)
Abstract
ABSTRAK: RUMAN KUSMANA. UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBANGKITLAN MOTIVASI BELAJAR SISWA HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di kelas VI SD Negeri | Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Dalam situasi formal di sekolah, belajar tidak dapat dipisahkan dengan mengajar. Siswa belajar karena guru mengajar, demikian pula sebaliknya; bagaimana siswa belajar ditentukan oleh bagaimana guru mengajar. Dalam hal ini guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana yang merangsang dan menggairahkan siswa belajar. Usaha-usaha ke arah tersebut dapat berupa membangkitkan motivasi, seperti menyampaikan pelajaran dengan tujuan yang jelas, menciptakan suasana yang menyenagkan. memberi pujian, menghargai pekerjaan siswa dan lain-lain. Masalah yang muncul adalah bagaimana upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis? Bagaimana pula aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Apakah terdapat hubungan antara upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan : Pertama, untuk mengetahui upaya gru.u agama dalam memotivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis; Kedua, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; Ketiga, untuk mengetahui hubungan antara upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis statistik. Setelah diadakan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa ternyata cukup tinggi dengan skor rata- rata 49,50. Aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. tergolong cukup tinggi dengan skor rata-rata 50. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,61 dan nilai signifikansi koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung sebesar 3,77 lebih besar dari fabel = 1,71, sedangkan derajat determinasinya sebesar 37,21%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, dalam arti terdapat hubungan positif signifikan yang tinggi antara upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 10:22 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 10:22 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/490 |