Supartini, Lilis (2005) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN GAMA ISLAM (PAI) DI SDN 2 BAREGBEG KECAMATAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (46kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (74kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (33kB)
Abstract
ABSTRAK: LILIS SUPARTINI. PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN GAMA ISLAM (PAI) DI SDN 2 BAREGBEG KECAMATAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS. Judul ini mempermasalahkan adakah pengaruh antara kemampuan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Baregbeg. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengajar, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di SDN 2 Baregbeg, dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kemampuan guru terhadap prestasi belajar siswa di SDN 2 Baregbeg Kecamatan Lakbok kabupaten Ciamis. Hipotesis yang diajukan yaitu semakin baik atau meningkat kemampuan guru dalam mengajar maka semakin baik atau meningkat prestasi belajar siswa. Dan semakin rendah kemampuan guru maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, karena metode tersebut yang sesuai untuk menggali permasalahan yang terjadi saat ini. Dan pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawncara, dan pengumpulan angket, sedangkan untuk menganalisanya menggunakan Statistik Parametrik skala pengukuran Interval dengan uji normalitas distribusi menggunakan Lilifors. Data yang diperoleh dari analisis data realita kemampuan guru dalam mengajar di SDN 2 Baregneg sebesar 88,31%, sedangkan prestasi belajar siswa sebesar 87,55%. Dan hubungan antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus : p=nΣXiYi-XiYi) √rΣx? -(xi)2 bΣr2 –Dan uji hipotesis T= rs n-2 1-rs2. Dari rumus di atas korelasi antara kemampuan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,97 berarti pada klasifikasi sangat tinggi, derajat determinasi pengaruhnya sebesar 94,09%. Dan setelah di uji signifikansi ternyata hasilnya 21,12 sedangkan t tabel sebesar 1,70. Jadi kemampuan guru dalam mengajar mempengaruhi prestasi belaja siswa diterima kebenarannya dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:55 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/495 |