AKTIVITAS BELAJAR SISWA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis)

Waluyo, Waluyo (2005) AKTIVITAS BELAJAR SISWA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (39kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK. Waluyo: AKTIVITAS BELAJAR SISWA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam belajar. Pada prinsipnya belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Prestasi merupakan hasil dari suatu kegiatan atau aktivitas yang telah dikerjakan. Prestasi belajar adalah hasil daari suatu kegiatan atau aktivitas belajar tertentu yang diwujudkan dalam bentuk perubahan afektif, kognitif, dan psikomotor. Masalah yang muncul adalah bagaimana aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Bagaimana pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Apakah terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis statistik. Setelah diadakan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ternyata cukup tinggi dengan skor rata-rata 80,39. Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong sangat tinggi dengan skor rata-rata 82,17. Berdasarkan pengujian hipotesis, nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,71, sedangkan nilai signifikansi koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05 diperoleh fhitung sebesar 4,28 lebih besar dari ftabel = 1,73. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, dalam arti terdapat hubungan positif signifikan yang tinggi antara aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:26
Last Modified: 29 Oct 2023 09:26
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item