KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENGELOLA KELAS HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK (Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Wahyudiar, Igar (2007) KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENGELOLA KELAS HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK (Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK. IGAR WAHYUDIAR : KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENGELOLA KELAS HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK (Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas, prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak, dan hubungan kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Semakin baik kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas maka semakin baik pula prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak. Dan sebaliknya, semakin kurang kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas maka semakin rendah prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak". Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi langsung, wawancara berstruktur, angket tertutup dan studi kepustakaan. Data variabel X dihimpun melalui angket dan data variabel Y diambil dari nilai raport siswa dengan skala pengukuran interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistika parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian kedua variabel berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien korelasi sederhana dan regresinya berbentuk linear. Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 87,75 %. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas baik sekali, karena terletak pada interval 81% - 100%. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 87,43 %. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi akidah akhlak baik sekali, karena terletak pada interval 81% - 100%. Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y yaitu 0,63 (tinggi), karena terletak pada interval 0,61-0,80. Derajat determinasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 39,69 %. Sedangkan 60,31 % dipengaruhi oleh faktor- faktor lain. Hasil uji hipotesis, diketahui bahwa t hitung > t tabel = 2,26 > 1,32 pada taraf signifikansi x = 0,05 dan (dk-26-2-24), sehingga Hipotesis diterima. Artinya, kompetensi profesionalisme guru dalam mengelola kelas berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:33
Last Modified: 29 Oct 2023 09:33
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item