PENGARUH PENGAMALAN NILAI KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMA Azzainiyyah Nagrog Sukabumi)

Sufyeti, Deuis (2005) PENGARUH PENGAMALAN NILAI KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMA Azzainiyyah Nagrog Sukabumi). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK. DEUIS SUPYETI: PENGARUH PENGAMALAN NILAI KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMA Azzainiyyah Nagrog Sukabumi). Bertolak pada fenomena yang ada di SMA Azzainiyyah dan kajian teoritis yang menyatakan bahwa penelitian memiliki peranan yang sangat penting dalam memicu minat belajar siswa, tumbuhnya penilaian siswa dalam belajar, salah satunya dipengaruhi oleh adanya latar belakang suatu objek dalam hal ini adalah nilai keagamaan dalam keluarga. Oleh karena itu pendidik hendaknya mampu mengembangkan dan mengontrol pengamalan keagamaan pada peserta didik (siswa). Dari asumsi tersebut, penilaian berfungsi sebagai media untuk mengembangkan penilaian minat belajar siswa dalam belajar, dalam hal ini adalah penilaian keluarga terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian dapat ditarik hipotesis, semakin positif penilaian keagamaan keluarga, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada Mata Melajaran Pendidijikan Agama Islam. Begitu juga sebaliknya, semakin negatif penilaian keagamaan dalam keluarga terhadap anak, maka semakin rendah minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan menggunakan penelitian deskriptif, penulis akan menguraikan dan menjelaskan tentang pengamalan nilai keagamaan dalam keluarga terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Teknik penelitian yang digunakan penulis adalah teknik penelitian melalui angket dan observasi. Untuk memperoleh data, disini penulis mengambil sampel sebanyak 30 % dari populasi siswa yang berjumlah 101 siswa SMA Azzainiyyah. Dengan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengamalan nilai keagamaan dalam keluarga di SMA Azzainiyyah berjalan dengan kuantitatif antara 52 sampai dengan 98 dengan rata-rata (Me) 76,91. Minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Azzainiyyah mempunyai nilai antara 61 sampai dengan 98 dengan rata-rata (Me) 84,44 menggambarkan bahwa minat belajar siswa cukup tinggi. Pengaruh pengamalan nilai keagamaan dalam keluarga terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa SMA Azzainiyyah adalah 0,84 %. Korelasi tersebut dikatakan sangat tinggi, karena menurut klasifikasi nilai tersebut dikatagorikan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:40
Last Modified: 29 Oct 2023 09:40
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item