DEVIASI PERILAKU SOSIAL KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Koriatin, Aat (2010) DEVIASI PERILAKU SOSIAL KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK AAT.pdf] Text
ABSTRAK AAT.pdf - Other

Download (8kB)
[thumbnail of COVER AAT.pdf] Text
COVER AAT.pdf - Cover Image

Download (61kB)
[thumbnail of BAB I - V AAT.pdf] Text
BAB I - V AAT.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini bentuk deviasi perilaku yang dialami oleh siswa selama berada di
sekolah sudah bukan menjadi rahasia publik dan banyak terjadi, ini disebabkan
karena beberapa faktor yang mempengaruhinya, semakin majunya teknologi maka
perubahan perilaku manusia khususnya pada masa perkembangan usia remaja
sangat terbuka. Karena pada masa ini adanya masa peralihan dan terjadinya
perubahan biologis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor penyebab deviasi perilaku
siswa yang berada di SMP Islam Al-Barokah Kertawana Kalimanggis Kuningan
adakah korelasinya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI (Pendidikan
Agama Islam).
Penelitian ini dilakukan dengan Metode Deskripsi Kuantitatif dengan teknik
questioner (penyebaran angket) observasi, interview dengan kepala sekolah, guru
PAI, serta sebagian siswa. Pembagian angket kepada mereka yang dijadikan
sampel dan studi dokumentasi kemudian diolah dengan menggunakan teknik
analisis kuantitatif secara statistik.
Tahap analisis dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut : 1. Memberi
skor terhadap item pertanyaan angket, 2. Mengklasifikasi dengan skala presentasi,
dan 3. Membuat tabel pembantu sebagai alat pembuktian hubungan antara
variabel X dengan variabel Y.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa presentase tingkat deviasi
perilaku sosial siswa mencapai angka (47,33%) sedangkan korelasinya dengan
prestasi belajar pada mata pelajaran PAI mencapai angka 70. Dengan kata lain
pembuktian dengan menggunakan angket berdasarkan perhitungan statistik
koefisien korelasi product moment diperoleh angka (0,38), yaitu menunjukan
hubungan yang signifikan, artinya nilai yang diperoleh siswa tidak terkait dengan
deviasi perilaku sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 May 2022 02:39
Last Modified: 11 May 2022 02:40
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item
View Item