TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI MEREKA DALAM KELUARGA ( Penelitian Terhadap Siswa Kelas IV dan V di SD Negeri I Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2006-2007)

Heriah, Heriah (2007) TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI MEREKA DALAM KELUARGA ( Penelitian Terhadap Siswa Kelas IV dan V di SD Negeri I Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2006-2007). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK. HERIAH: TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI MEREKA DALAM KELUARGA ( Penelitian Terhadap Siswa Kelas IV dan V di SD Negeri I Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2006-2007). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadapa pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, perilaku sehari-hari mereka dalam keluarga, dan untuk mengetahui pengaruh pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah terhadap perilaku sehari-hari siswa kelas IV dan V SD Negeri 1 Kertayasa dalam keluarga. Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa perilaku sehari-hari siswa kelas IV dan Kelas V SD Negeri 1 Kertayasa dalam keluaga, salah satunya dipengaruhi oleh pengajaran Pendidikan Agama Islam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Semakin baik pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, semakin baik pula perilaku sehari-hari siswa kelas IV dan V SD Negeri I Kertayasa dalam keluarganya. Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metoda deskritif dan korelatif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkap serta menganalisis fenomena empiric yang terjadi pada masa sekarang. Sedangkan metoda korelatif dianggap paling relevan dalam mencari hubungan antara variabel penelitian (Variabel X dan variabel Y ). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan angket. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun dengan skala pengukuran ordinal. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistik parametrik, dikarenakan data atau sampel penelitian variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefesien korelasi sederhana dan regresi berbentuk liniar. Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah memperoleh nilai rata-rata 44,1 dengan modus dan median masing-masing 58,8 dan 49,0 hal ini menunjukan bahwa tanggapan siswa terhadap pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah cukup rendah, karena rata-rata lebih kecil dari median dan modus. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah: rata-rata 44,9 dengan modus dan median masing-masing sebesar 48,5 dan 46,1. Hal demikian memberikan gambaran bahwa perilaku siswa sehari- hari dalam keluarga masih cukup rendah karena rata-rata lebih kecil dari modus dan median. Kontribusi pengaruh pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah terhadap perilaku siswa Kelas IV dan kelas V SD Negeri I Kertayasa dalam keluarga sebesar 12,9%. Nilai tersebut menyatakan bahwa peningkatan pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, 12,9 % akan mempengaruhi/mengubah perilaku sehari-hari siswa di dalam keluarga. Berdasarkan pengolahan data tersebut dapat disampaikan bahwa menolak hipotesis 0 (110) yang menyatakan tidak terdapat hubungan depensi antara pengajaran pendidikan agama Islam di sekolah dengan perilaku sehari-hari mereka dalam keluarga, dan menerima hipotesis alternative (Hi) yang menyatakan terdapat hubungan depedensi antara pengajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Dengan kesimpulan semakin baik tanggapan siswa terhadap pendididikan agama Islam di sekolah, maka semakin baik pula perilaku sehari-hari mereka dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:59
Last Modified: 29 Oct 2023 09:59
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item