Supriyadi, Edi (2005) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS (Penelitian terhadap siswa kelas 1MA (Intensif) P P Darussalam). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (55kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (46kB)
Abstract
ABSTRAKSI. EDI SUPRIYADI: PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS (Penelitian terhadap siswa kelas 1MA (Intensif) P P Darussalam) . Penelitian ini bertolak dari fenomena yang ada di MA (Intensif) PP. Darussalam Kasomalang Subang, yakni terdapat kesenjangan antara efektifitas pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris dengan kurangnya prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Inggris. Dari fenomena tersebut, muncul permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu sejauhmana terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris dan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena tersebut, dapat diidentifikasi, bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang mengungkap realitas kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris, realitas prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Inggris dan realitas pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Inggris. Penelitian ini bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan, bahwa kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting dalam memacu dan melatih siswa pada pengalaman-pengalaman nyata dalam bidang studi bahasa Inggris sehingga mereka memiliki kemampuan dan prestasi yang baik. Dengan demikian penelitian ini bertolak dari hipotesis bahwa semakin efektif pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa bahasa Inggris, semakin baik pula prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Inggris dan sebaliknya. Secara umum penelitian ini berlangsung dengan menggunakan metode deskriptif, karena metode ini tepat untuk menggali, mengungkap dan menganalisis masalah yang terjadi pada masa sekarang (aktual) Teknik penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket obeservasi dan literatur. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris (X) menghasilkan nilai 57,85 tergolong pada katagori cukup efektif, Sedangkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa inggris (Y) tergolong pada kategori cukup baik. Maka pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris terhadap prestasi siswa dalam bidang studi bahasa Inggris mendapat skor 0,68 tergolong pada kategori tinggi. Di dapat t hitung sebesar 6,49 sedang t tabel 1,69. Dengan demikian bahwa t hitung >t tabel. Maka H, diterima dan Ho ditolak. Sehingga besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris terhadap bahasa Inggris adalah 46,24 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 29 Oct 2023 10:06 |
Last Modified: | 29 Oct 2023 10:06 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/513 |