PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PAI (Penelitian di SDN 3 Bunter Kec. Sukadana Kab. Ciamis)

Nurhayani, Ineu (2008) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PAI (Penelitian di SDN 3 Bunter Kec. Sukadana Kab. Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK. INEU NURHAYANI : PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PAI (Penelitian di SDN 3 Bunter Kec. Sukadana Kab. Ciamis). Pendidikan merupakan proses perubahan perilaku seseorang, disiplin pada siswa sangat penting karena merupakan generasi penerus bangsa. Proses belajar merupakan norma atau aturan yang nantinya diharapkan jadi kebiasaan, semua ini diawali dengan disiplin siswa. Sebagian orang mengatakan siswa yang disiplin prestasinya bagus, dan prestasi siswa SDN 3 Bunter 80% bagus di atas standar 4,01%. Dari latar belakang penelitian di atas mempermasalahkan sejauh manakah pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi siswa di SDN 3 Bunter Kecamatan Sukadana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis disiplin siswa, menganalisis prestasi siswa, dan menganalisis korelasi antara disiplin siswa dengan prestasi siswa dalam bidang studi PAI di SDN 3 Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Hipotesisnya adalah semakin baik disiplin siswa semakin baik pula prestasi siswa. Sebaliknya semakin rendah disiplin siswa semakin rendah pula prestasi siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan teknik penelitian observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah, diperiksa dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik parametrik dengan pengukuran skala interval. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai mean variabel X (disiplin siswa) sebesar 76,6 yaitu 95,75% pada klasifikasi sangat baik. Untuk variabel Y (prestasi belajar siswa) meannya sebesar 0,51 berada diantara nilai 0,4-0,060 yang menyatakan antara variabel X dan variabel Y ada korelasi yang cukup/sedang. Artinya disiplin siswa cukup/sedang berpengaruh terhadap prestasi belajar pada bidang studi PAI di SDN 3 Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Hipotesisnya sebesar 3,13 sedangkan ttabel sebesar 1,70. Berarti thitung (3,13) > ttabel (1,70), sehingga disiplin siswa mempengaruhi prestasi siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam diterima kebenarannya dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:26
Last Modified: 01 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item