Munir, Abdul (2010) Pengaruh Kasih Sayang Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial siswa (Penelitian Terhadap Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kadupandak Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis Tahun 2010). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
ABSTRAK.doc - Other
Download (24kB)
DAFTAR ISI.pdf - Other
Download (80kB)
cover munir.pdf - Cover Image
Download (150kB)
BAB 1-5.pdf - Other
Download (538kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kasih sayang orang tua, perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kadupandak Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis.
Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kadupandak Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. salah satunya dipengaruhi oleh kasih sayang orang tua. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Semakin baik kasih sayang orang tua, maka semakin baik pula perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kadupandak Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis”.
Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan angket. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun dengan skala pengukuran ordinal. Analisis datanya yaitu analisi korelasional dengan menggunakan statistika non parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian Variabel X dan Variabel Y Berdistribusi Normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien korelasi rank (peringkat) spearman (rs).
Hasil Pengolahan data untuk variabel X adalah 42,87. Hal ini menunjukkan bahwa kasih sayang cukup baik. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 38,83. Hal ini menunjukan bahwa perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kadupandak Kecamatan Tambaksari cukup tinggi. Adapun derajat determinasi atau pengaruh variabel X terhadap Variabel Y yaitu sebesar 0,37. Sedangkan 86,31 % dipengaruhi oleh paktor lain, baik factor internal maupun factor eksternal siswa. Hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 5,16 sedangkan untuk t tabel = 1,71 pada tarap signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (dk = 25-2=23). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa (t hitung > t tabel = 5,16 > 1,71) sehingga hi diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 11 May 2022 02:49 |
Last Modified: | 11 May 2022 02:50 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/52 |