PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA PADA BANK SYARIAH INDONESIA

Julianti, Dian (2023) PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA PADA BANK SYARIAH INDONESIA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Other

Download (10kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (222kB)
[thumbnail of Scan Cover.jpg]
Preview
Image
Scan Cover.jpg - Cover Image

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa Fakultas Syariah sudah menerima dan mengetahui tentang Bank Syariah melalui mata kuliah, namun fenomena yang ada tidak mencerminkan Mahasiswa memiliki minat untuk menabung di Bank Syariah. Dikarenakan minimnya sosialisasi yang dilakukan Bank Syariah di lingkungan Mahasiswa. Sosialisasi adalah proses dimana seseorang mempelajari pola-pola hidup dalam masyarakat sesuai dengan nilai-nilai, norma dan kebiasaan yang berlaku untuk berkembang sebagaimana anggota masyarakat dan sebagai individu. Minat menabung adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membutuhkan lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk sosialisasi perbankan syariah yang dilakukan dan bagaimana pengaruh sosialisasi perbankan syariah terhadap minat menabung Mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sosialisasi yang dilakukan PT. Bank BSI KCP Ciawi terhadap minat menabung Mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perbankan syariah terhadap minat menabung Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 69. Data primer yang dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linear sederhana yang dihitung menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sosialisasi Bank BSI terhadap minat menabung Mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis variabel sosialisasi menunjukkan bahwa nilai thitung = 5,827 lebih besar dari nilai t tabel = 0,1968. Sedangkan signifikansi nya sebesar 0,000 hal ini menunjukan bahwa tingkat signifikansi hitung lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0,05) maka membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa sosialisasi berpengaruh terhadap minat menabung Mahasiswa di PT. Bank BSI KCP Ciawi.
Kata kunci : Sosialisasi, Minat Menabung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:57
Last Modified: 09 Nov 2023 02:57
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item
View Item