Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak di Lingkungan Kelurga dan Sekolah” (Penelitian di Kelas III MI Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis).

Nurhasanah, Nurhasanah (2010) Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak di Lingkungan Kelurga dan Sekolah” (Penelitian di Kelas III MI Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of cover SKRIPSI.pdf] Text
cover SKRIPSI.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

A B S T R A K

NURHASANAH : “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak di Lingkungan Kelurga dan Sekolah” (Penelitian di Kelas III MI Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis).

Orang tua memegang peranan penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Kunci pertama dalam mengarahkan pendidikan dan membentuk mental si anak terletak pada peranan orang tuanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bimbingan orang tua, untuk mengetahui akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah dan mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah.
Hipotesis yang diajukan adalah semakin baik bimbingan orang tua, maka semakin baik akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah. Sebaliknya semakin buruk bimbingan orang tua, maka semakin buruk akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan teknik penelitian observasi, wawancara dan angket.
Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua (variabel x) setelah dilakukan analisis dapat diketahui medianya 89,5 berada pada klasifikasi cukup baik. Sedangkan untuk akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah (variabel y) medianya 83,6 berada pada klasifikasi baik. Sementara pengaruh bimbingan orang tua dalam membina akhlak anak di lingkungan keluarga dan sekolah termasuk pada kategori cukup atau sedang, hal ini terbukti dari skor yang diperoleh 0,59 yang berada pada skala (0,41- 0,60) setelah dilakukan uji hipotesis/uji signifikansi ternyata hasilnya 3,86 sedangkan t tabel sebesar 1,70 sehingga t hitung > t tabel (3,86 > 1,70) maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:21
Last Modified: 16 Nov 2023 03:21
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item
View Item