Yuliati, Oom Herlina (2010) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MINAT SISWA DALAM BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH KERTAJAYA II MANGUNJAYA CIAMIS. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
abstraksi.pdf
Download (11kB)
BAB I.pdf
Download (50kB)
caver.pdf
Download (43kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (11kB)
Abstract
Hubungan antara kompetensi professional guru dengan minat siswa
dalam belajar akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II Mangunjaya
Ciamis. Salah satu komponen terpenting dalam pendidikan adalah guru. Guru
dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal
ini disebabkan gurulah yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan
pendidikan, gurulah yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk
mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilainilai
positif melalui bimbingan dan keteladanan.
Seorang guru yang paripurna apabila menguasai keempat kompetensi,
salah satunya adalah kompetensi pedagogik yaitu sepeangkat
pengetahuan,keterampilan, perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai
oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
Berdasarkan kondisi dan latar belakang tersebut maka penulis membuat
rumusan masalah yaitu : Bagaimana profesionalitas guru di Madrasah
Ibtidaiyah Kertajaya II Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis?,
Bagaimana minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II
Mangunjaya?, Bagaimana hubungannya antara profesionalitas guru dengan
minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II Mangunjaya
Kabupaten Ciamis?.
Adapun tujuan penelitiannya yaitu: Untuk mengetahui prrofesionalitas
guru di Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II Kecamatan Mangunjaya Kabupaten
Ciamis, Untuk mengetahui minat siswa terhadap belajar akidah akhlak di
Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis,
Untuk mengetahui hubungan profesionalitas guru dengan minat belajar siswa
dalam belajar akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Kertajaya II Mangunjaya
Kabupaten Ciamis.
Untuk mengetahui tentang kompetensi professional guru, Kompetensi
professional merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh
seorang guru, keempat kompetensi dasar yaitu: kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
Kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan
perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru
dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
Seberapa besar hubungan antara variabel X dan variabel Y dapat
diinterprestasi yaitu terdapat korelasi yang tinggi yang indeks koofesian
sebesar 0,894 dan dikonsultasikan dengan tabel interprestasi ternyata angka ‘r’
0,894 berada antara 0,81 - 100. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara
variabel X dan variabel Y, diketahui bahwa terdapat 79,91% hubungan
kompetensi pedagogik guru PAI dengan minat belajar siswa dalam
pembelajaran akidah akhlak, sedangkan sisanya 20,09% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 03:34 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/548 |