Peranan Lingkungan Fisik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN I Bingkeng Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap Tahun Pelajaran 2009/20010

Rastoyo, Rastoyo (2010) Peranan Lingkungan Fisik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN I Bingkeng Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap Tahun Pelajaran 2009/20010. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of cOVER rASTOYO.pdf] Text
cOVER rASTOYO.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Semua Bab Rastoyo.pdf] Text
Semua Bab Rastoyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh satu faktor melainkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor lingkungan fisik sekolah yang bersangkutan. Dengan lingkungan fisik yang baik akan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Dengan hal ini penulis menduga Terdapat peranan lingkungan fisik terhadap terhadap prestasi belajarsiswa-siswi kelas V mata pelajaran Pendidikan Agama Isalam di SDN I Bingkeng kecamatan Dayeuhluhur. Maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan Bagaimana peranan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pendidkan agama Islam di SDN I Bingkeng kecamatan Dayeuhluhur?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pendidkan agama islam di SDN I Bingkeng kecamatan Dayeuhluhur.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN I Bingkeng yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan sampelnya 20 responden. Teknik sampling yang penulis gunakan adalah total sampling (penelitian populasi). Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah median untuk analisis variabel sedangkan untuk korelasi kedua variabel dengan korelasi rank spearman (rs).
Lingkungan fisik sekolah dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden didapat median (Me) = 38. Median tersebut berada pada skala penafsiran 32-39 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini lingkungan fisik SDN 1 Bingkeng tergolong cukup baik/sedang. Sedangkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Bingkeng didapat median (Me) 35. Median tersebut berada pada skala penafsiran 31,10-37,65 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Bingkeng tergolong cukup/sedang. Peranan lingkungan fisik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Bingkeng , didapat rs =0,57 berada pada interval 0,41 – 0,60 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti lingkungan fisik sekolah memiliki peranan yang cukup terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Bingkeng. Kontribusi lingkungan fisik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI adalah 32,93%. Sedangkan sisanya 67,07% ditentukan oleh faktor lain . Hasil uji hipotesis didapat thitung = 2.95 > ttabel =2.10 hal ini berarti lingkungan fisik sekolah memiliki peran yang positif signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:38
Last Modified: 16 Nov 2023 03:38
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item
View Item