Romlah, Siti (2010) Integrasi Sistem Pendidikan Tradisional dan Sistem Pendidikan Moderen (Penelitian di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Cintaratu Lakbok Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
A B S T R A K.pdf
Download (67kB)
skripsi siti romlah.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Integrasi sistem pendidikan tradisonal dengan sistem pendidikan moderen merupakan serangkaian teori atau konsep yang menyatukan dua sistem pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan secara filosofis keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda, baik itu dari komponen, kurikulum, metode pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi, faktor penunjang, penghambat dan hasil dari integrasi sistem pendidikan tradisional dan sistem pendidikan moderen di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh datanya, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan bantuan format tertentu yang selanjutnya dilakukan pembahasan sesuai dengan data yang diperoleh.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan diterapkannya sistem pendidikan tradisional dan sistem pendidikan moderen maka pondok pesantren Mamba’us Sholihin dapat mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan zaman, mengembangkan potensi manusia yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, serta kecerdasan sosial, serta dapat mengkaji kitab kuning dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmu alat dan memiliki keterampilan sebagai bekal hidup bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 04:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 04:00 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/553 |