ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Penelitian di Sekolah Dasar Negeri 2 Sidaharja Ciamis)

Supriana, Supriana (2010) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Penelitian di Sekolah Dasar Negeri 2 Sidaharja Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of COVER, DLL SUPRIANA.pdf] Text
COVER, DLL SUPRIANA.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of BAB I-V + Lampiran SUPRIANA.pdf] Text
BAB I-V + Lampiran SUPRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Pendidikan agama dalam keluarga berpengaruh besar pada prestasi belajar anak terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Melihat realita di lapangan bahwa pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Sidaharja cukup baik, akan tetapi prestasi anak pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kurang memuaskan. Melihat fenomena tersebut, penelitian ini difokuskan pada pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Perumusan masalah yang akan diteliti meliputi tiga permasalahan yaitu bagaimana pendidikan agama dalam keluarga, bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan sejauhmana hubungan antara pendidikan agama dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Sidaharja, prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam serta pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 2 Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.
Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan agama dalam keluarga diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, karena bagi anak keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama sebagai dasar pegangan mereka pada masa yang akan datang. Adapun hipotesis yang diajukan adalah “Semakin baik pendidikan agama dalam keluarga, maka semakin baik pula prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh datanya penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Sampel penelitian diambil sejumlah 40 dari 321 siswa SDN 2 Sidaharja. Sedangkan analisis datanya penulis menggunakan analisis statistika dengan statistik uji regresi linear dan korelasi sederhana.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Sidaharja dengan nilai mean/rataan 79,375 tergolong baik dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam diperoleh mean/rataan sebesar 81,25 juga tergolong baik. Pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong tinggi dengan konstribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 44,89 %.
Berdasarkan hipotesis parametrik ternyata thitung sebesar 5,58 dan ttabel sebesar 1,68, dengan demikian thitung > ttabel = 5,58 > 1,68 maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Jadi pendidikan agama dalam keluarga memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:14
Last Modified: 20 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item
View Item