DISIPLIN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PERSERTA DIDIK (PENELITIAN DI MI AL-IHYA CIHAUR II)

Ramadhan, Asep S. (2010) DISIPLIN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PERSERTA DIDIK (PENELITIAN DI MI AL-IHYA CIHAUR II). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (13kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (41kB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Other

Download (374kB)

Abstract

Sebagai salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam sebuah pendidikan yang
salah satu fungsinya adalah untuk memperbaiki akhlaq siswa di dalam lingkungan
sekolah dapat dilihat dari kedisiplinan bagi tenaga pendidik (guru) dan peserta
didiknya (siswa). Oleh karena itu sangaja kami mengangkat judul “Disiplin Guru
dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik (Penelitian di MI Al-
Ihya Cihaur II Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan)”. Permasalahan
pokok dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh kedisiplinan guru terhadap
perilaku sosial peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
kedisiplinan guru terhadap pembentukan perilaku sosial siswa.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa dari MI Al-Ihya Cihaur II kecamatan
Ciawigebang sebanyak 161 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah 15 siswa
dari kelas IV dan 15 siswa dari kelas V. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Menentukan populasi dan sampel, menentukan teknik penelitian dan menganalisis
data. Untuk mendapatkan semua data tersebut penulis penulis menggunakan berbagai
macam teknik penelitian yaitu: Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi, dan
Angket, dan untuk menganalisis data dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan dua variabel (Disiplin Guru sebagai variable ‘X’ dan
Perilaku Sosial Peserta Didik sebagai variable ‘Y’) menunjukan nilai 0,47. Itu bisa
dikategorikan sebagai hubungan yang sedang atau cukup, pada signifikan 5%
diperoleh 2,000. Dengan thitung = 2,80 dan ttabel = 2,00 atau thitung > ttabel. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sukup/sedang antara Pengaruh Disiplin
Guru terhadap Perilaku Sosial Siswa di MI Al-Ihya Cihaur II Kecamatan
Ciawigebang Kabupaten Kuningan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 May 2022 03:20
Last Modified: 11 May 2022 03:20
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item