Hubungan Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Qur’an Hadist di MI Cileungsir

Wahidin, Wahidin (2010) Hubungan Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Qur’an Hadist di MI Cileungsir. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK Wahidin.pdf] Text
ABSTRAK Wahidin.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Cover Wahidin baru.pdf] Text
Cover Wahidin baru.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Skripsi Wahidin .pdf] Text
Skripsi Wahidin .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)

Abstract

Prestasi mata pelajaran Qur’an Hadits peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah masih tergolong rendah hal ini disebabkan oleh faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kemampuan membaca Al Quran. Dengan hal ini penulis menduga kemampuan membaca Al Qur’an memiliki hubungan positif siginifikan dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur’an Hadits. Maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan Bagaimana hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur’an Hadist MI Cileungsir ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan anatara kemampuan membaca Al Qur’an dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Cileungsir.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI MI Cileungsir yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan sampelnya 20 responden. Teknik sampling yang penulis gunakan adalah total sampling (penelitian populasi). Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah median untuk analisis variabel sedangkan untuk korelasi kedua variabel dengan korelasi rank spearman (rs).
Kemampuan membaca Al Quran dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden didapat median (Me) = 38. Median tersebut berada pada skala penafsiran 32-39 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti kemampuan membaca Al Quran peserta didik di MI Cileungsir tergolong cukup/sedang efektif. Sedangkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Cileungsir didapat median (Me) 35. Median tersebut berada pada skala penafsiran 31,10-37,65 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Cileungsir tergolong cukup/sedang. Hubungan kemampuan membaca Al Quran dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Cileungsir , didapat rs =0,57 berada pada interval 0,41 – 0,60 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti kemampuan membaca Al Quran memiliki hubungan yang cukup dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MI Cileungsir. Kontribusi kemampuan membaca Al Quran kepada prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadist adalah 32,93%. Sedangkan sisanya 67,07% ditentukan oleh faktor lain . Hasil uji hipotesis didapat thitung = 2.95 > ttabel =2.10 hal ini berarti kemampuan membaca Al Quran memiliki hubungan yang positif signifikan dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran AL Quran Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:30
Last Modified: 28 Nov 2023 03:30
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item
View Item