PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH WUSTHO TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMP Negeri 4 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Hermawan, Wartam (2010) PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH WUSTHO TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMP Negeri 4 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Cover Wartam.pdf] Text
Cover Wartam.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Skripsi Wartam.pdf] Text
Skripsi Wartam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan MDW sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia dari aspek kerohanian dan jasmaninya yang berlangsung secara bertahap dan sistematis berdasarkan Al-Qur’an agar terbentuk peserta didik yang berprestasi khususnya pada mata pelajaran PAI. Dengan hal ini penulis menduga Pendidikan MDW berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan bagaimana pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah Wustho terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rancah Kabupaten Ciamis?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan MDW terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rancah.
Metode penelitian yang digunakan dalam membahas skripsi ini adalah metode deskritif analisis. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Rancah yang berjumlah 328 orang sedangkan sampelnya adalah 44 orang peserta didik. Teknik samping yang penulis gunakan adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan alat analisis yang gunakan untuk analisis variabel adalah rata-rata hitung dan analisis korelasi dengan rank spearman (rs).
Pendidikan Madrasah Wustho berdasarkan hasil penyebaran angket terhadap 44 orang peserta didik diperoleh rata-rata hitung (X ̅) = 46.14 dan berada pada klasifikasi cukup (interval 40,64 – 46,46). Hal ini berarti pendidikan MDW yang diikuti peserta didik SMPN 4 Rancah tergolong cukup baik. Sedangkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI setelah dilakukan penyebaran angket diperoleh skor rata-rata hitung (X ̅) = 50,4 berada pada klasifikasi cukup (interval 46,88 – 52,82). Hal ini berarti prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 4 Rancah tergolong cukup baik. Sedangkan pengaruh pendidikan MDW terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 4 Rancah tergolong tinggi terbukti nilai rs = 0,616, bila dikonfirmasikan pada skala Guilford berada pada interval 0,61 – 0,80 dengan klasifikasi tinggi. Sehingga dugaan penulis terbukti bahwa Pendidikan MDW berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Rancah , terbukti dengan thitung(5,07) > ttabel (2,175). Kontribusi pendidikan MDW terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 4 Rancah sebesar 37,95%, selebihnya 62,05% ditentukan oleh faktor lain misalnya kompetensi guru, faktor lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:40
Last Modified: 28 Nov 2023 03:40
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item
View Item