HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MENTORING ROHANI DENGAN PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK (Penelitian di MAN Kiarakuda Ciawi Kabupaten Tasikmalaya).

Lutpiah, Ipah (2011) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MENTORING ROHANI DENGAN PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK (Penelitian di MAN Kiarakuda Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of skripsi IPAH.pdf] Text
skripsi IPAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya pembinaan rohani kepada peserta didik mengakibatkan menurunnya perilaku islami peserta didik. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat hubungan positif antara kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami peserta didik di MAN KiaraKuda Ciawi-Tasikmalaya? Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami peserta didik di MAN KiaraKuda Tasikmalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami peserta didik di MAN KiaraKuda Ciawi-Tasikmalaya.
Dengan tujuan diatas penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kegiatan mentoring dan peningkatan perilaku islami peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekata kuantitatif, yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan/ kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui angka-angka yang diperoleh dari penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa kegiatan mentoring rohani di MAN KiaraKuda tergolong baik. Sebab memiliki angka rata-rata 3,89. Sedangkan akhlak peserta didik di MAN KiaraKuda menunjukkan kategori baik sebab memiliki angka rata-rata 3,51. Dan hubungan kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami di MAN Kiarakuda mempunyai hubungan yang signifikan dengan kategori baik, terbuktithitung = 8,25 >ttabel = 2,04, yang berarti Ha diterima, Ho ditolak. Dan terbukti dengan memiliki angka korelasi 0,83, yang apabila dibandingkan dengan skala interpretasi korelasi menunjukkan adanya korelasi tinggi. Adapun tingkat yang hubungan kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami peserta didik mencapai 36%, sedangkan 64% merupakan factor lain yang mempengaruhi perilaku islami peserta didik.
Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap kegiatan mentoring rohani dengan perilaku islami peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:51
Last Modified: 28 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item
View Item