Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik MAN Gegempalan Panjalu Ciamis

Holiludin, Didin (2012) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik MAN Gegempalan Panjalu Ciamis. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover Didin Holilludin.pdf] Text
Cover Didin Holilludin.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Semua Bab Didin Kholiludin 3.pdf] Text
Semua Bab Didin Kholiludin 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perhatian orang tua merupakan suatu faktor yang mempengaruhi proses pendidikan dalam menciptakan prestasi belajar peserta didik . Dengan perhatian orang tua yang optimal maka peserta didik dapat diarahkan kepada hal-hal yang positif terutama kegiatan di Madrasah. Dengan hal ini penulis menduga ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan . Maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan; Apakah ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik MAN Gegempalan .
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MAN Gegempalan yang berjumlah 197 peserta didik . Sedangkan sampelnya adalah 20 orang peserta didik kelas XI IPA. Teknik sampling yang penulis gunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara, dan angket.Teknik analisis untuk masing-masing variabel dengan menggunakan median sedangkan analisis korelasi kedua variabel tersebut menggunakan korelasi rank spearman (rs).
Perhatian orang tua dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden didapat skor tertinggi 50 dan skor terendah 18, median (Me) = 38. Median tersebut berada pada skala penafsiran 32-39 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti perhatian orang tua peserta didik kepada anaknya di MAN Gegempalan tergolong cukup baik. Sedangkan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden didapat skor terendah 17, skor tertinggi 47, dan median (Me) 39. Median tersebut berada pada skala penafsiran 35,9 – 42,2 dengan klasifikasi tinggi. Hal ini berarti prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan tergolong tinggi. Hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan , diperoleh rs = 0,57 berada pada interval 0,41 – 0,60 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal ini berarti perhatian orang tua memiliki hubungan yang cukup dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan . Dan besarnya prestasi belajar peserta didik ditentukan oleh perhatian orang tua adalah 32,93%.. Hasil uji hipotesis didapat thitung = 2,95 dan ttabel = 1.734 maka thitung > ttabel hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan “ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Gegempalan ” diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:16
Last Modified: 28 Nov 2023 04:16
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item
View Item