Yuningsih, Yuyun (2005) Pengaruh Kurikulum Berbasis Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Al-Qur'an Hadist (Penelitian di MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (39kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (44kB)
Abstract
ABSTRAK
Pengaruh Kurikulum Berbasis Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Al-Qur'an Hadist (Penelitian di MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)
Yuyun Yuningsih dibimbing oleh Dr.H.B.Siswanto, M.Si dan Drs. Andri Andriansyah, M.Ag.
Kurikulum KBK suatu inovasi pemerintah untuk peningkatan mutu pendidikan, di MI Kalapasawit berupaya melaksanakannya dengan KKG, workshop KBK sampai saat ini baik. Dan sebagian orang menyatakan dengan adanya inovasi kurikulum ini prestasi belajar siswa akan meningkat ada juga yang mengatakan belum tentu, prestasi belajar siswa dalam bidang studi Al-Qur'an Hadist bervariasi sebagian banyak tergolong baik.
Dari latar belakang penelitian di atas mempermasalahkan adakah pengaruh kurikulum berbasis kompetensi terhadap prestasi siswa dalam bidang studi Al-Qur'an Hadist. Dengan adanya inovasi kurikulum pemerintah mengharapkan kualitas pendidikan anak bangsa Indonesia mampu menghadapi era globalisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kurikulum KBK, menganalisis prestasi siswa, dan menganalisis korelasi antara KBK dengan prestasi siswa dalam bidang studi Al- Qur'an Hadist di MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok.
Hipotesisnya adalah semakin baik kurikulum KBK semakin baik pula prestasi siswa. Kurikulum KBK mempengaruhi prestasi siswa MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan teknik penellitian observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Setelah data dikumpulkan kemudian diolah, diperiksa dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik parametrik dengan pengukuran skala Interval.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai mean variabel X (Kurikulum KBK bidang studi Al-Qur'an Hadist sebesar 76,9 yaitu 96,12% pada klasifikasi sangat baik. Untuk variabel Y (prestasi belajar siswa) meannya sebesar 80,66 yaitu 89% berada pada klasifikasi sangat baik. dan nilai p sebesar 0,41 berada diantara nilai 0,41-0,60 yang menyatakan "antara variabel X dan variabel Y ada korelasi yang sedang atau cukup. Artinya kurikulum berbasis kompetensi cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur'an Hadist di MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok. Dan derajat determinasi pengaruhnya sebesar 16,81%, uji signifikansi atau uji hipotesisnya sebesar 2,37 sedangkan t tabel sebesar 1,70. Berarti t Hitung (2,37) > t Tabel (1,70), sehingga kurikulum berbasis kompetensi mempengaruhi prestasi siswa dalam bidang studi Al-Qur'an Hadist diterima kebenarannya dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:43 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:43 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/572 |