Jamilah, Siti (2012) Pengaruh kebiasaan guru dalam mengajar terhadap pembentukan karakter peserta didik (Penelitian di TKA/TPA Roudlotul Muta’allimiin). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Abstract
Tingkah laku seorang guru terutama guru TK/PAUD akan selalu ditiru oleh
peserta didiknya yang sedang berada pada tahap meniru. Namun, masih jarang
guru yang selalu memperhatikan tingkah laku dirinya sendiri khususnya ketika ia
sedang mengajar, salah satunya adalah kebiasaan yang tidak baik saat mengajar.
Padahal semua itu berdampak pada pembentukan karakter peserta didik, karena
pada tingkat usia dini anak akan meniru apa saja yang ada di lingkungannya baik
itu yang baik maupun yang tidak baik. Sehingga bila guru melakukan kebiasaan
yang tidak baik saat mengajar, kebiasaannya itu akan ditiru oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan guru dalam
mengajar terhadap pambentukan karakter peserta didik di TKA/TPA Roudlotul
Muta’allimiin kampung Tagog, desa Buniasih, kecamatan Kadipaten
Tasikmalaya.
Dengan tujuan diatas penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan
ilmu psikologi khususnya psikologi anak yang berhubungan dengan tingkah laku
guru serta upaya penerapan pendidikan karakter di sekolah yang diawali dari guru
sebagai pembentuk karakter pada peserta didiknya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif
melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk
mengungkapkan keadaan/kondisi yang terjadi saat sekarang dengan pertimbangan
keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari data
hasil penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa kebiasaan guru dalam
mengajar di TKA/TPA Roudlotul Muta’allimiin tergolong baik. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai rata-rata hitung ( X ) = 37,9 bila dikonfirmasi kepada skala
penafsiran berada antara 35,32 – 38,48 dengan klasifikasi baik. Sedangkan
karakter peserta didik tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata hitung ( X ) =
39,6 bila dikonfirmasi kepada skala penafsiran berada di klasifikasi yang sangat
baik karena berada di atas 34,8. Dan pengaruh kebiasaan guru terhadap
pembentukan karakter peserta didik di TKA/TPA Roudlotul Muta’allimiin
mempunyai pengaruh yang signifikan dengan katagori moderat/cukup, dengan rs
= 0,518 berada pada interval 0,41 – 0,60 serta titung 4,993 ≥ ttabel 1,675. Kebiasaan
guru dalam mengajar berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik
sebesar 26,83% dan sisanya 73,17% di duga dipengaruhi oleh faktor lain.
disarankan kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan
dengan meneliti faktor lain yang turut berpengaruh terhadap pembentukan
karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:50 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/573 |