Konsep Pendidikan Akhlak dalam Keluarga Menurut Al Ghazali (Studi Analisa atas Pemikiran Sufistik dalam Ilmu Pendidikan Islam)

Herlina, Eli (2013) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Keluarga Menurut Al Ghazali (Studi Analisa atas Pemikiran Sufistik dalam Ilmu Pendidikan Islam). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I_eli_0921030.pdf] Text
BAB I_eli_0921030.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Caver.pdf] Text
Caver.pdf

Download (101kB)

Abstract

Pendidikan keluarga adalah yang pertama dan utama. Dengan demikian menunjukan bahwa kehidupan seorang anak pada saat itu benar-benar tergantung kepada orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua wajib memberikan pendidikan pada anaknya dan yang paling utama dimana hubungan orang tua dengan anaknya bersifat alami dan kodrati. Al-Ghazali adalah salah satu tokoh muslim yang pemikirannya sangat luas dan mendalam dalam berbagai hal diantaranya dalam masalah pendidikan. Pada hakekatnya usaha pendidikan menurut Al-Ghazali adalah dengan mementingkan beberapa hal yang terkait dan mewujudkannya secara utuh dan terpadu karena kosep pendidikan yang dikembangkannya berawal dari kandungan ajaran Islam dan tradisi Islam yang berprinsip pada pendidikan manusia seutuhnya. Al-Ghazali adalah seorang tokoh moralis yang mempunyai perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan akhlak pada anak-anak.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tujuan pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali?, bagaimana materi pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali?, bagaimana metode pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali?
Sedangkan tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui tujuan pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali. Untuk mengetahui tentang materi pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali. Untuk mengetahui metode pendidikan akhlak dalam keluarga menurut Al-Ghazali.
Dalam melakukan penelitian ini, digunakan metode Studi Pustaka. Dengan menggunakan metode pengumpulan dan analisis data adalah Editing, Organizing, dan hasil pengorganisasian data dengan menggunakan kaidah-kaidah, teori dan metode yang telah ditentukan sehingga diperoleh kesimpulan.
Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan kesempurnaan manusia yaitu meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan juga merupakan tujuan dari pendidikan akhlak itu sendiri. Materi pendidikan akhlak menurut Al-Ghazali yang berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah ialah berisikan berbagai ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhannya, sehingga ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya. Dan dengan begitu penuntut ilmu dapat mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat kelak. Metode pendidikan akhlak menurut Al-Ghazali ada dua yaitu; pertama, mujahadah dan membiasakan latihan dengan amal shaleh. Kedua, perbuatan itu dikerjakan dengan diulang-ulang dan memohon karunia Ilahi.

Kata Kunci : konsep, akhlak, keluarga, Al-Ghazali

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:06
Last Modified: 04 Dec 2023 04:06
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item
View Item