HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian di MIS Banyuwaras Raksajaya Sodonghilir)

Anrian, Eneng Ani (2013) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian di MIS Banyuwaras Raksajaya Sodonghilir). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Skripsi Neng Ani Andrian.pdf] Text
Skripsi Neng Ani Andrian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Perhatian orang tua merupakan suatu faktor yang mempengaruhi proses
pendidikan dalam menciptakan prestasi belajar peserta didik . Dengan perhatian
orang tua yang optimal maka peserta didik dapat diarahkan kepada hal-hal yang
positif terutama kegiatan di Madrasah. Dengan hal ini penulis menduga ada
hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar
peserta didik di MIS Banyuwaras . Maka permasalahan penelitian dapat
dirumuskan; Apakah ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan
prestasi belajar peserta didik di MIS Banyuwaras ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian
orang tua dengan prestasi belajar peserta didik MIS Banyuwaras.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriftif dengan
pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik MIS Banyuwaras yang berjumlah 120 peserta didik . Sedangkan
sampelnya adalah 20 orang peserta didik kelas VI. Teknik sampling yang penulis
gunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
penulis lakukan adalah observasi, wawancara, dan angket.Teknik analisis untuk
masing-masing variabel dengan menggunakan median sedangkan analisis korelasi
kedua variabel tersebut menggunakan korelasi rank spearman (rs).
Perhatian orang tua dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden
didapat skor tertinggi 50 dan skor terendah 18, median (Me) = 38. Median
tersebut berada pada skala penafsiran 32-39 dengan klasifikasi cukup/sedang. Hal
ini berarti perhatian orang tua peserta didik kepada anaknya di MIS Banyuwaras
tergolong cukup baik. Sedangkan prestasi belajar peserta didik di MIS
Banyuwaras dari hasil penyebaran angket terhadap 20 responden didapat skor
terendah 17, skor tertinggi 47, dan median (Me) 39. Median tersebut berada pada
skala penafsiran 35,9 – 42,2 dengan klasifikasi tinggi. Hal ini berarti prestasi
belajar peserta didik di MIS Banyuwaras tergolong tinggi. Hubungan antara
perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MIS Banyuwaras ,
diperoleh rs = 0,57 berada pada interval 0,41 – 0,60 dengan klasifikasi
cukup/sedang. Hal ini berarti perhatian orang tua memiliki hubungan yang cukup
dengan prestasi belajar peserta didik di MIS Banyuwaras . Dan besarnya prestasi
belajar peserta didik ditentukan oleh perhatian orang tua adalah 32,93%.. Hasil uji
hipotesis didapat thitung = 2,95 dan ttabel = 1.734 maka thitung > ttabel hal ini berarti
hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan “ada hubungan yang signifikan antara
perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik di MIS Banyuwaras ”
diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:12
Last Modified: 04 Dec 2023 04:12
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item
View Item