PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian di SD Negeri 2 Banjarangsana Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis).

Aisyah, Euis Siti (2013) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian di SD Negeri 2 Banjarangsana Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of SKRIPSI JADI.pdf] Text
SKRIPSI JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil observasi adanya peserta didik mudah
meniru kepribadian para gurunya yang tidak baik, seperti berkata, tidak masuk
kelas dengan berbagai alasan, dan ramai ketika dalam pembelajaran, hal ini
ditimbulkan dari kepribadian yang ditiru baik dari para gurunya ataupun
lingkungan sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh
kepribadian guru terhadap perilaku belajar peserta didik di SD Negeri 2
Banjarangsana Kecamatan Panumbangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui pengaruh perilaku guru terhadap perilaku belajar peserta didik
di SD Negeri 2 Banjarangsana Kecamatan Panumbangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
populasi 92 orang, penarikan sampel menggunakan aksidental sampling maka
jumlah sampel adalah 50 orang. Alat pengumpulan datanya adalah observasi dan
angket dan wawancara, serta pengolahan data kuantitatif diselesaikan dengan
korelasi dari Rank Spermans (Rs).
Berdasarkan hasil analisis mengenai kepribadian guru di dapat rata-rata
sebesar 41,75 berada pada klasifikasi cukup baik. Perilaku belajar peserta didik di
dapat rata-rata harga Me (Median) dari variabel (Y) adalah 47,1 berada pada
kalsifikasi kurang kuat. Pengaruh kepribadian guru terhadap perilaku belajar
peserta didik di SD Negeri 2 Banjarangsana Kecamatan Panumbangan
berdasarkan harga r s sebesar 0,73 berada pada klasifikasi tinggi. Derajat
determinasi hubungan antara variabel (X) dengan variabel (Y) adalah 53,29 %.
Hasil pengujian hipotesis ternyata harga t hitung sebesar 7,40 sedang t tabel pada
taraf signifikansi 0,05 dan dk 50 – 2 = 48 diperoleh dalam daftar t (0,95/48) =
1,68. Dengan demikian bahwa t hitung (7,40) t tabel (1,67) sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan susana
yang mencerminkan kepribadian dari setiap gurunya sehingga dapat dicontoh oleh
peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:17
Last Modified: 04 Dec 2023 04:17
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item
View Item