Pengaruh Variasi Stimulus terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SDN Karangsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya).

Purwanti, Lilik (2013) Pengaruh Variasi Stimulus terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SDN Karangsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Skripsi Lilik Purwanti - PAI.pdf] Text
Skripsi Lilik Purwanti - PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lemahnya motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penting yakni dari proses pembelajaran itu sendiri. Pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan mengantuk, sehingga pembelajaran kurang efektif dan efisien. Permasalah yang timbul, apakah terdapat pengaruh yang positif antara variasi stimulus terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari?. Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat pengaruh positif antara variasi stimulus terhadap motivasi peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Variasi stimulus terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari Ciawi.
Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan konsep ilmu keterampilan dasar mengajar dan sebagai penunjang konsep ilmu psikologi pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan / kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka – angka yang diperoleh dari penelitian.
Berdasarkan hasil enyebaran angket terhadap 29 responden diperoleh pengaruh variasi stimulus di SDN Karangasri Ciawi diperoleh skor tertinggi skor tertinggi 40 dan skor terendah 26, dengan median 35. Median tersebut berada pada klasifikasi tinggi. Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangasri Ciawi didapat skor tertinggi 40, dan skor terendah 25, dengan median 35,5. Median tersebut berada pada klasifikasi tinggi. Pengaruh variasi stimulus terhadap peningkatan motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari Ciawi berpengaruh secara signifikan, berdasarkan hasil analisis korelasi rank spearman didapat rs = 0,76 berada pada interval 0,61 – 0,80 untuk batas-batas r dengan klasifikasi tinggi, ini berarti variasi stimulus memiliki hubungan yang tinggi terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari Kecamatan Ciawi. Besarnya motivasi peserta didik pada mata pelajaran PAI ditentukan oleh adanya variasi stimulus dalam pembelajaran sebesar 58%. Sedangkan sisanya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI ditentukan oleh faktor lain seperti kesiapan peserta didik dalam menerima pelajaran, kesehatan peserta didik, sarana dan prasarana belajar lainnya. Hasil uji hipotesis alternatif didapat thitung = 6,09 dan ttabel (0.05)(27) = 1,703. Hal ini berarti hipotesis alternatif ( Ha ) yang menyatakan variasi stimulus mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karangsari Kecamatan Ciawi diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:20
Last Modified: 04 Dec 2023 04:20
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item
View Item