Triwahyuni, Susi (2013) Hubungan Perhatian Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran (PAI) Pendidikan Agama Islam (Penelitian Di Kelas V SDN 1 Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
COVER SKRIPSI SUSI TRI WAHYUNI.pdf
Download (293kB)
KATA PENGANTAR dan daftar isi.pdf
Download (214kB)
SKRIPSI SUSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (52kB)
Abstract
Sekolah menyelenggarakan suatu program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum pembelajaran. Salah satunya adalah program pendidikan mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengandung bahan pembelajaran yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Untuk mengetahui bagaimana seseorang telah mengalami proses belajar dan telah mengalami perubahan-perubahan, baik perubahan pengetahuan, penguasaan materi maupun perubahan dalam sikap dan keterampilan yang sebelumnya tidak dimiliki dapat dilihat dari hasil belajar. Pada umumnya, hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dapat memberikan petunjuk tentang prestasi belajar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan antara perhatian siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) yang dipadukan dengan metode penelitian pustaka (library research) agar memiliki landasan teoritis yang kuat. Karenanya alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan lembar pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dikemukakan bahwa terdapat hubungan antara perhatian siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik perhatian siswa di kelas V terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semakin tinggi pula tingkat prestasi hasil belajar. Begitu pula sebaliknya, semakin kurang perhatian siswa di kelas V terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semakin kurang pula tingkat prestasi hasil belajar.
Data perhatian siswa dan prestasi belajar siswa diperoleh dengan metode angket. Data usaha guru dalam memberikan perhatian pada siswa diperoleh dengan metode Observasi dan gambaran umum sekolah di peroleh dengan metode wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan t = Distribusi/statistik t (student) diperoleh hasil t hitung yaitu 5,29 dengan demikian t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 5,29 > 0,88.
Hasil analisis menunjukan : (1) Perhatian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama perhatian siswa yang bersifat ekstrinsik dalam diri siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Baregbeg termasuk dalam kategori cukup baik : (2) Prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Baregbeg berada dalam kategori baik. (3) Ada hubungan positif
iv
dan signifikan antara perhatian siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini menunjukan bahwa teori tentang perhatian siswa terutama perhatian yang berasal dari luar diri siswa masih relefan digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:15 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:15 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/583 |