AM Sohib, Ahmad (2009) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG PROFESIONAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM KORELASINYA DENGAN KINERJA GURU AGAMA (Penelitian Di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (48kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (111kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (74kB)
Abstract
ABSTRAK: Kepemimpinan diperlukan untuk membawa perubahan-perubahan konstruktif dalam program-program pengajaran sesuai dengan berbagai nilai dan tujuan para pembuat keputusan. Ujung tombak pendidikan adalah pembelajaran. Kualitas pendidikan akan dipertaruhkan melalui proses pembelajaran itu. Sementara itu, kualitas proses pembelajaran melibatkan pengondisian baik kinerja guru, kesadaran siswa untuk belajar dengan rajin, media pendidikan/pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran. Mengamati suatu kenyataan di lapangan yaitu di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut, dimana ada suatu permasalahan yang muncul antara lain; kurangnya kesetiaan dari sebagian guru dalam menjalankan tugasnya terutama dalam tugas mengajar, serta kurangnya kepedulian dan tanggung jawab dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan. Atas permasalahan yang muncul, penulis berasumsi bahwa masalah tersebut ada kaitannya dengan kepempinan kepala sekolah, yang dengan hal tersebut mendorong minat penulis untuk melakukan penelitian dengan judul; KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG PROFESIONAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM KORELASINYA DENGAN KINERJA GURU AGAMA (Penelitian Di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut).
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah yang profesional pada lembaga pendidikan islam di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut, untuk memperoleh gambaran mengenai kinerja guru agama di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut, dan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah yang profesional pada lembaga pendidikan islam korelasinya dengan kinerja guru agama di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut. Adapun Hipotesis penelitian ini adalah "Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah yang profesional pada 'embaga pendidikan islam dengan kinerja guru agama di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut."
Penelitian ini inenggunakan metode survey deskriptif, dengan teknik penelitian yang utama melalui penyebaran angket. Adapun untuk melengkapi hasil penelitian dugunakan pula teknik Observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis indikator.
Dari hasil analisis indikator dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional pPada Lembaga Pendidikan Islam di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut adalah sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,13 dan Kinerja Guru Agama di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut adalah baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,23. Adapun dari hasil analsisi korelasi, diketahui bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional pada Lembaga Pendidikan Islam korelasinya dengan Kinerja Guru Agama berada pada klasifikasi high / tinggi. dimana indeks koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,63. Ini menunjukkan bahwa Kinerja Guru Agama ditentukan oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional pada Lembaga Pendidikan Islam sebesar 56,25 %. Sedangkan sisanya, 60,31% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah yang profesional pada lembaga pendidikan islam dengan kinerja guru agama di MTs As-Sururon Pasirwangi Garut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 02:43 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 02:43 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/589 |