Fauziah, Galih (2009) ubungan antara Pemberian Pekerjaan Rumah dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SDN 2 Panumbangan Ciamis. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (45kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (76kB)
BAB I .pdf - Published Version
Download (359kB)
daftar Pustaka .pdf - Bibliography
Download (47kB)
Abstract
ABSTRAK: GALIH FAUZIAH: Hubungan antara Pemberian Pekerjaan Rumah dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SDN 2 Panumbangan Ciamis. Metode penugasan berupa pekerjaan rumah di sebagian sekolah sering diberikan pada peserta didik dengan harapan peserta didik jadi sering berlatih. Dari kebiasaan itu kemampuan peserta didik menjadi terasah, sehingga ketika ia diberi soal yang serupa ia akan mudah mengerjakannya. Tujuan pokok dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pemberian tugas berupa pekerjaan rumah terhadap siswa dan untuk mengetahui hubungan antara pemberian pekerjaan rumah dengan prestasi belajar siswa. Dengan tujuan diatas penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan ahli pendidikan yang mengharapkan proses belajar berlangsung efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat hubungan positif antara pemberian pekerjaan rumah dengan prestasi belajar siswa di SDN 2 Panumbangan? Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat hubungan positif antara pemberian pekerjaan rumah dengan prestasi belajar siswa di SDN 2 Panumbangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan/kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian.Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa pemberian pekerjaan rumah terhadap siswa tergolong efektif (Me 41,5 berada pada interval 39,66 44,99 dengan klasifikasi efektif). Dan hubungan pemberian pekerjaan rumah dengan prestasi belajar siswa mempunyai hubungan positif yang signifikans dengan kategori 0,80 serta thitung (4,26) > tinggi, terbukti rs = 0,71 berada pada interval 0,61 ttabel (1,734). Pemberian pekerjaan rumah mempengaruhi prestasi belajar siswa sebanyak 50,4% sedangkan sisanya 49,6% diduga ditentukan oleh faktor lain baik faktor intern maupun faktor ekstern. Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjut dengan mengkaji faktor-faktor lain yang berhubungan dengan pemberian pekerjaan rumah dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:42 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:42 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/593 |