Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Holidin, Holidin (2009) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (50kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK. Holidin: Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut). Keberhasilan pembelajaran dengan menerapkan salah satu strategi pembelajaran akan menghasilkan tingkat keberhasilan yang berbeda sesuai dengan jenis strategi yang digunakan. Tingkat keberhasilan atau prestasi belajar yang menggunakan strategi pembelajaran peta consep (Concept Mapping) dinilai masih rendah dan peserta didik mengalami banyak kesulitan dalam pelaksanaannya sebagaimana permasalahan yang penulis amati di MTs Muhammadiyah Cihuni
Garut. Atas dasar itu, tujuan penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut, untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut, dan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut. Hipotesis penelitian ini adalah "Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, dengan teknik penelitian yang utama melalui penyebaran angket dan tes. Adapun untuk melengkapi hasil penelitian digunakan pula teknik observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis indikator. Dari hasil analisis indikator dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peta Konsep di MTs Muhammadiyah Cihuni adalah sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,35. dan Prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) (kelas eksperimen) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut diperoleh dengan rata-rata nilai sebesar 88,90. Adapun dari hasil analsisi korelasi, diketahui bahwa Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Cihuni Garut berada pada klasifikasi high/tinggi dengan nilai indeks koefisien korelasi r = 0,75 dan secara signifikan dapat diterima kebenarannya. Ini menunjukkan bahwa Prestasi Belajar Peserta Didik ditentukan oleh Strategi Pembelajaran Peta Konsep sebesar 56,25%. Adapun faktor lain yang mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik adalah sebesar 43,75 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:42
Last Modified: 12 Dec 2023 06:42
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item
View Item