PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian di SD Negeri Karangkamiri III Kecamatan Langkaplancar Ciamis)

Muhapiz, Muhapiz (2003) PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian di SD Negeri Karangkamiri III Kecamatan Langkaplancar Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK. MUHAPIZ: PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian di SD Negeri Karangkamiri III). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Karangkamiri III. Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa Prestasi Belajar Siswa dipengaruhi Pendidikan Agama Islam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini vaitu "Meningkatnya pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, meningkat pula Prestasi Belajar Siswa. Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang.
Adapun teknik pengumpulan dilakukan dengan angket untuk Variabel X dan buku raport untuk Variabel Y. Data kedau variabel dalam penelitian ini dihimpun dalam skala skala pengumpulan interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistik parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian Variabel X dan Variabel Y berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien korelasi sederhana dan regresinya berbentuk linear. Nilai koefisien korelasi yang diberi simbol rx atau r/p berdasarkan perhitungan sebesar 0,372. Nilai ryx atau r/p tersebut pada posisi antara nilai 0,21-0,40 berarti "Antara Pendidikan Agama Islam (X) dan Prestasi Belajar Siswa (Y) terapat korelasi yang terendah".
Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif dapat diterima, berarti "Meningkatnya Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, meningkat pula Prestasi Belajar Siswa".

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:39
Last Modified: 13 Dec 2023 02:39
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item