Efendi, Deden (2003) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Penelitian terhadap Siswa Kelas VI di SD Negeri III Cisontrol Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga, prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri III Cisontrol Desa Cisontrol, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri III Cisontrol dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (49kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (80kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (162kB)
Abstract
ABSTRAK. Cucu Maryati : Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Penelitian terhadap Siswa Kelas VI di SD Negeri III Cisontrol Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga, prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri III Cisontrol Desa Cisontrol, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri III Cisontrol dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri III Cisontrol salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan alat peraga. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu "Semakin efektif penggunaan alat peraga, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas VI dala.n bidang studi pendidikan agama Islam".
Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan angket. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun dengan skala pengukuran interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistik parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien korelasi sederhana dan regresinya berbentuk linear. Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 87,75 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga sangat efektif, karena terletak pada interval antara 81% - 100%. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 87,43. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri III Cisontrol sangat tinggi. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 6,76 %. Sedangkan 93,24 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukkan bahwa (t hitung > t tabel 1,37 > 1,32) pada taraf signifikansi ∞ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 26-2= 24 sehingga H, diterima dan H, ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 06:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 06:17 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/603 |