Pengaruh Pendidikan TK Al -Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI (Penelitian di SD. Negeri Kawunglarang II Kec. Rancah Kab. Ciamis)

Masitoh, Masitoh (2002) Pengaruh Pendidikan TK Al -Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI (Penelitian di SD. Negeri Kawunglarang II Kec. Rancah Kab. Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK. MASITOH: Pengaruh Pendidikan TK Al -Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI (Penelitian di SD. Negeri Kawunglarang II Kec. Rancah Kab. Ciamis). Pendidikan merupakan upaya sadar dan sistematis yang dilakukan orang dewas kepada orang yang belum dewas. Pendidikan memegang peranan sangat penting, karena pendidikan merupakan sistem dari supra sistem pembangunan nasional dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal, dan berkualitas. Proses pendidikan harus dilakukan sedini mungkin sejak masih kanak-kanak, di saat mengembangkan pengetahuan, mengembangkan kepribadian. Pendidikan bagi anak pra sekolah dilaksanakan melalui TK, maupun TK Al Qur'an. Penelitian ini bertujuan, ingin mengetahui pelaksanaan Pendidikan TK Al Qur'an di Kecamatan Rancah, ingin mengetahui prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SDN. Kawunglarang II Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, dan ingin mengetahui pengaruh pendidikan TK Al Qur'an terhadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SDN. Kawunglarang II Kabupaten Ciamis.
Penelitian bertitik tolak dari pemikiran, bahwa pendidikan TK Al Qur'an sangat bermanfaat bagi perkembangan jiwa anak dan akan sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa, khususnya pada bidang studi PAI, sebab dapat membantu para siswa dalam memahami materi pelajaran. Pendidikan TK Al Qur'an akan berpengaruh terhadap prestaso belajar siswa bidang studi PAI apabila materi yang di sampaikan di sekolah sesuai dengan materi yang di terima di TK Al Qur'an. Dalam penelitian ini penulis menggunkan metode penelitian Korelatif,dengan teknik penelitian observasi, angket dan wawancara. Setelah data di kumpulkan kemudian diolah, diperiksadan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik regresi dan korelasi yang uji normalitas distribusinya dengan LILLIFORS. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji normalitas distribusi dengan LILLIFORS menghasilkan D hitung = 0,9418 dan D tabel = 0,190, maka dapat dinyatakan penelitian mengikuti distribusi normal dapat di terima, sebab D hitung = 0,9418 lebih besar dari D tabel = 0,78. "artinya "Adanya pengaruh positif antara pendidikan TK Al Qur'an dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil korelasi bahwa pengaruh pendidikan TK Al Qur'an dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, sebab besaran korelasinya 0,81 berada pada klasifikasi Very High/Sangat Tinggi. "Artinya" korelasi antara pendidikan TK Al Qur'an terhadap prestasi belajar siswa Sangat Tinggi, khususnya pada bidang studi PAI di SDN. Kawunglarang II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:22
Last Modified: 18 Dec 2023 03:22
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item