Perbandingan Prestasi Belajar Baca tulis Al Qur'an antara Siswa yang Mengikuti Les Tambahan dengan Siswa yang tidak Mengikuti Les Tambahan (Penelitian di SD Negeri Yudawiskara Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Hasanah, Eroh (2002) Perbandingan Prestasi Belajar Baca tulis Al Qur'an antara Siswa yang Mengikuti Les Tambahan dengan Siswa yang tidak Mengikuti Les Tambahan (Penelitian di SD Negeri Yudawiskara Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK. EROH HASANAH: Perbandingan Prestasi Belajar Baca tulis Al Qur'an antara Siswa yang Mengikuti Les Tambahan dengan Siswa yang tidak Mengikuti Les Tambahan. (Penelitian di SD Negeri Yudawiskara Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Latar Belakang yang penulis lakukan ini adalah Sekolah Dasar Negeri Yudawiskara sebagai salah satu sarana untuk memberikan Pendidikan Al Qur'an. Di mana Al Qur'an adalah mu'jizat terbesar yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al Qur'an adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar. Dengan latar belakang di atas penulis ingin mengetahui besarnya pengaruh pelaksanaan pendidikan al Qur'an di SD Negeri Yudawiskara yang mengikuti les dengan siswa yang tidak mengikuti les. Sebagai kerangka berpikir, penulis kemukakan bahwa : "Prestasi Belajar Baca Tulis Al Qur'an di Sekolah Dasar Negeri Yudawiskara antara Siswa yang Mengikuti Les dengan Siswa yang tidak Mengikuti Les terdapat perbedaan. Dari asumsi ini, mengajuan hipotesis sebagai berikut: "Terdapat perbedaan yang berarti (signifikan) prestasi belajar Baca Tulis Al Qur'an antara Siswa yang Mengikuti Les dengan Siswa yang tidak Mengikuti Les tambahan". Untuk menguji hipotesis di atas, dilakukan penelitian dengan metode korelatif, observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan melalui statistik uji perbandingan yaitu chi kuadrat. Berdasarkan perhitungan ternyata diperoleh perbedaan prestasi antara kedua kelompok adalah perbedaan yang signifikan. Hasil hipotesis atau hasil uji signifikansi didapatkan nilai rata-rata yang mengiktui les 80,20, sedangkan yang tidak mengikuti les nilai rata-rata 57,14. Dengan demikian bawa les baca tulis Al Qur'an besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Yudawiskara Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:41
Last Modified: 18 Dec 2023 04:41
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item
View Item