PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian di SLTPN I Panumbangan Ciamis)

Anwar, Solih (2003) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian di SLTPN I Panumbangan Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK. SOLIH ANWAR: "PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA" (Penelitian di SLTPN I Panumbangan Ciamis). Masalah pokok yang diteliti adalah: "Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa". Penelitian ini berangkat dari kerangka pemikiran bahwa dengan digunakan suatu metode megajar yang bersifat aktif ( metode, diskusi) dalam setiap proses belajar mengajar, maka akan berpengaruh terhadap tingkat pencapaian prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode diskusi di SLTPN I Panumbangan. Untuk mendapatkan data-data mengenai obyek penelitian, maka dilakukan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu: Perencanaan Penelitian (desain eksperiman); Pelaksanaan Penelitian yang menggunakan teknik komunikasi langsung dan tidak langsung, serta observasi. Setelah data terkumpul lalu dilakukakan pengolahan data. Karena data yang diperoleh menggunakan skala pengukuran interval, maka analisa datanya menggunakan Analisis regresi Linear dan Korelasi, yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya huibungan antara metode mengjar diskusi dengan prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan analisa data, ternyata diperoleh koefisien korelasi positif sebesar 0,32, yang berarti bahwa metode mengajar diskusi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa bisa diterima kebenarannya. Besarnya pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa adalah 10,24%, yang berarti bahwa 89,76% tingkat pencapaian prestasi belajar siswa ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:52
Last Modified: 18 Dec 2023 06:52
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item
View Item