Saefudin, Dindin (2010) Korelasi Pendidikan Agama Islam dengan Pembentukan Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rancah (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
ABSTRAK Dindin.rtf - Other
Download (79kB)
Cover dindin 3 baru.rtf - Other
Download (2MB)
BAB I.pdf - Other
Download (138kB)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Other
Download (21kB)
Skripsi Dindin .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia dari aspek kerohanian dan jasmaninya yang berlangsung secara bertahap dan sistematis berdasarkan Al-Qur’an agar terbentuk kepribadian muslim yang sempurna. Dengan hal ini penulis menduga pendidikan agama Islam mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap terhadap pembentukan akhlak peserta didik. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan Bagainama korelasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pembentukan Akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Rancah ?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Rancah.
Metode penelitian yang digunakan dalam membahas skripsi ini adalah metode deskritif analisis. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 2 Rancah yang berjumlah 153 orang sedangkan sampelnya adalah 44 orang peserta didik. Teknik samping yang penulis gunakan adalah proporsional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan alat analisis yang gunakan untuk analisis variabel adalah rata-rata hitung dan analisis korelasi dengan rank spearman (rs).
Pendidikan Agama Islam berdasarkan hasil penyebaran angket terhadap 44 orang peserta didik diperoleh data dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 29, diperoleh rata-rata hitung (X ̅) = 48,5 bila dikonfirmasi pada skala penafsiran berada pada klasifikasi tinggi (interval 46,46 – 52,8). Hal ini berarti penyelenggaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Rancah tergolong tinggi. Akhlak peserta didik setelah dilakukan penyebaran angket diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 35 sehingga peroleh rata-rata hitung (X ̅) = 50,4 berada pada klasifikasi cukup (interval 46,88 – 52,82). Hal ini berarti akhlak peserta didik di SMPN 2 Rancah tergolong cukup baik. Sedangkan korelasi antara Pendidikan Agama Islam dengan akhlak di SMPN 2 Rancah diperoleh nilai rs = 0,616, bila dikonfirmasikan pada skala Guilford berada pada interval 0,61 – 0,80 dengan klasifikasi tinggi. Dengan demikian korelasi Pendidikan Agama Islam dengan akhlak di SMPN 2 Rancah tergolong tinggi. Dengan demikian dugaan penulis terbukti bahwa Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak memiliki korelasi yang erat dan signifikans, yang dibuktikan dengan thitung(5,07) > ttabel (2,175). Kontribusi penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak sebesar 37,95%, selebihnya 62,05% ditentukan oleh faktor lain misalnya kompetensi guru, sarana dan prasarana serta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 12 May 2022 04:08 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:08 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/62 |