Fatmayanti, Emay (2010) PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FIQIH IBADAH HUBUNGANNYA DENGAN MELAKSANAKAN SHALAT WAJIB BERJAMA'AH. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Abstrak.doc - Other
Download (23kB)
Abstract
Agama merupakan benteng yang kokoh bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan untuk mencapai kebahagiaan di akhirat. Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan keagamaan melalui pendidikan agama islam di sekolah menekankan langkah-langkah yang memungkinkan para peserta didik untuk dapat mengembangkan keagamaan mereka.
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlash Ciawilor berusaha menerapkan pemahaman keagamaan bagi peserta didik dan menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Dalam hal ini pelaksanaan ibadah adalah modal dasar untuk mencapai tujuan tersebut. Ibadah memiliki posisi penting dalam keislaman seseorang, maka manusia sangat membutuhkan ilmu pengetahuan (fiqih) demi untuk membekali dirinya agar menjadi insan kamil.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi fiqih ibadah serta hubungannya dengan pelaksanaan shalat wajib berjama'ah. Adapun yang dijadikan lokasi penelitian ini adalah MI Al-Ikhlash Ciawilor Kuningan. Dan untuk memperoleh data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket.
Hasil analisa terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dalam bidang studi fiqih ibadah berpengaruh cukup baik terhadap pelaksanaan shalat berjama'ah. Terbukti bahwa pembelajaran fiqih mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ibadah shalat berjama'ah siswa. Berdsarkan hasil tersebut, ternyata diperoleh koefisien korelasi positif antara variabel bebas (x) dengan variabel tidak bebas (y) sebesar 0,60.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 12 May 2022 04:24 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:24 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/64 |