Elawati, Elawati (2008) Pengaruh Penyelenggaran TK/TP Al-Qur'an terhadap Kompetensi Baca Tulis Huruf Al-Qur'an Kelas 1 Sekolah Dasar (Penelitian Di Sekolah Dasar Negeri I Panumbangan Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (48kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (58kB)
Abstract
ABSTRAK. ELAWATI: Pengaruh Penyelenggaran TK/TP Al-Qur'an terhadap Kompetensi Baca Tulis Huruf Al-Qur'an Kelas 1 Sekolah Dasar (Penelitian Di Sekolah Dasar Negeri I Panumbangan Ciamis). Problem umat Islam yang tidak mampu membaca dan menulis huruf Al- Qur'an merupakan problem yang mendasar bagi umat Islam itu sendiri, sebab umat Islam sekarang ini cenderung untuk menjauhi Al-Qur'an baik membacanya, mempelajarinya maupun mengamalkannya. Kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Panumbangan Ciamis masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an terhadap kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di kelas 1 SD Negeri 1 Panumbangan. Dengan tujuan diatas penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan bagi siswa dalam pencapaian target pengajaran baca tulis Al-Qur'an yang terdapat pada kurikulum pendidikan agama di sekolah dasar serta memanfaatkan lembaga- lembaga pendidikan Al-Qur'an diantaranya Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TK/TPA) yang diselenggarakan oleh lembaga masyarakat seperti penyelenggaraan TK/TPA. Penelitian ini menggunakan metode deskripif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil angket. Untuk memperoleh data tentang pengaruh penyelenggaraan TK/TPA Al-Qur'an terhadap kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an, analisisnya menggunakan pendekatan statistik, terutama regresi linear dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil perhitungan, ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,44 ini berarti termasuk kategori korelasi sedang/cukup (moderate). Dalam pengujian hipotesis ditemukan thitung 2,60 dan trabel 1,70, ini berarti thitung lebih besar dari trabel (thitung 2,60 > trabel 1,70). Maka hipotesis "Semakin optimal penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an, maka semakin optimal pula kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an Kelas 1 SD", dapat diterima kebenarannya. Bagi para pengelola pendidikan dalam upaya mencapai keberhasilan yang optimal, diharapkan dapat memotivasi siswa-siswinya untuk memasukan anak- anaknya ke lembaga pendidikan agama yang ada dilingkungannya, serta kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor- faktor lain yang turut berpengeruh terhadap penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an dan kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di sekolah dasar dalam peningkatan iman dan takwa terhadap Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:49 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/645 |