Pengaruh Penyelenggaran TK/TP Al-Qur'an terhadap Kompetensi Baca Tulis Huruf Al-Qur'an Kelas 1 Sekolah Dasar (Penelitian Di Sekolah Dasar Negeri I Panumbangan Ciamis)

Elawati, Elawati (2008) Pengaruh Penyelenggaran TK/TP Al-Qur'an terhadap Kompetensi Baca Tulis Huruf Al-Qur'an Kelas 1 Sekolah Dasar (Penelitian Di Sekolah Dasar Negeri I Panumbangan Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK. ELAWATI: Pengaruh Penyelenggaran TK/TP Al-Qur'an terhadap Kompetensi Baca Tulis Huruf Al-Qur'an Kelas 1 Sekolah Dasar (Penelitian Di Sekolah Dasar Negeri I Panumbangan Ciamis). Problem umat Islam yang tidak mampu membaca dan menulis huruf Al- Qur'an merupakan problem yang mendasar bagi umat Islam itu sendiri, sebab umat Islam sekarang ini cenderung untuk menjauhi Al-Qur'an baik membacanya, mempelajarinya maupun mengamalkannya. Kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Panumbangan Ciamis masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an terhadap kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di kelas 1 SD Negeri 1 Panumbangan. Dengan tujuan diatas penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan bagi siswa dalam pencapaian target pengajaran baca tulis Al-Qur'an yang terdapat pada kurikulum pendidikan agama di sekolah dasar serta memanfaatkan lembaga- lembaga pendidikan Al-Qur'an diantaranya Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TK/TPA) yang diselenggarakan oleh lembaga masyarakat seperti penyelenggaraan TK/TPA. Penelitian ini menggunakan metode deskripif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil angket. Untuk memperoleh data tentang pengaruh penyelenggaraan TK/TPA Al-Qur'an terhadap kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an, analisisnya menggunakan pendekatan statistik, terutama regresi linear dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil perhitungan, ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,44 ini berarti termasuk kategori korelasi sedang/cukup (moderate). Dalam pengujian hipotesis ditemukan thitung 2,60 dan trabel 1,70, ini berarti thitung lebih besar dari trabel (thitung 2,60 > trabel 1,70). Maka hipotesis "Semakin optimal penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an, maka semakin optimal pula kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an Kelas 1 SD", dapat diterima kebenarannya. Bagi para pengelola pendidikan dalam upaya mencapai keberhasilan yang optimal, diharapkan dapat memotivasi siswa-siswinya untuk memasukan anak- anaknya ke lembaga pendidikan agama yang ada dilingkungannya, serta kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor- faktor lain yang turut berpengeruh terhadap penyelenggaraan TK/TP Al-Qur'an dan kompetensi siswa dalam baca tulis huruf Al-Qur'an di sekolah dasar dalam peningkatan iman dan takwa terhadap Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:49
Last Modified: 16 Jan 2024 04:49
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item
View Item