A. Basjar, A. Basjar (2000) Minat Siswa dalam Mempelajari Kitab Kuning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mereka dalam Bidang Al-Qur'an Hadits (studi di MTs Negri Maparah Panjalu Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (41kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (86kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (41kB)
Abstract
A. BASJAR : Minat Siswa dalam Mempelajari Kitab Kuning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mereka dalam Bidang Al-Qur'an Hadits (studi di MTs Negri Maparah Panjalu Ciamis). Kehadiran faktor-faktor psikologis dalam belajar akan memberikan andil yang cukup penting. Faktor-faktor psikologis akan senantiasa kemudahan dalam memberikan landasan dan optimal. upaya mencapai tujuan belajar secara Sebaliknya, psikologis yang memperlambat proses belajar. Salah tanpa kehadiran faktor-faktor faktor psikologis yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar seseorang adalah minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat siswa dalam mempelajari kitab kuning terhadap prestasi belajar mereka dalam bidang studi Al- Qur'an Hadits di MTs Negri Maparah Panjalu Ciamis. Penelitian ini berpijak kepada menyatakan bahwa minat sebuah teori yang dipelajarinya merupakan salah satu faktor yang siswa terhadap sesuatu berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. dapat dikemukakan hipotesis bahwa semakin tinggi minat siswa dalam mempelajari kitab kuning maka akan semakin tinggi pula tingkat prestasi belajar mereka dalam bidang studi Al-Qur'an Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner). Untuk menganalisis data di aplikasikan dalam bentuk statistika non parametrik.Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang tinggi antara minat siswa yang belajar kitab kuning dengan prestasi belajar mereka dalam bidang studi Al- Qur'an Hadits dengan koefisien korelasi 0,88. Dari uji t diperoleh bahwa thitung (12,8) > ttabel (1,65). Hal ini berarti bahwa terhadap hubungan positif signifikan antara minat siswa dalam dalam mempelajari kitab kuning dengan prestasi belajar mereka dalam bidang studi Al-Qur'an Hadits dengan taraf signifikansi 0,95.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:51 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:51 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/648 |