UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Bina Sejahtera Galaherang)

Juhadi, Juhadi (2010) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Bina Sejahtera Galaherang). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of cover.docx] Text
cover.docx - Cover Image

Download (499kB)
[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx - Other

Download (19kB)
[thumbnail of daftar pustaka.docx] Text
daftar pustaka.docx - Other

Download (20kB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Bina Sejahtera Desa Galaherang dan bagaimana tingkat ketaatan ibadah salat wajib peserta didiknya, serta adakah faktor penunjang dan penghambat dalam upaya guru Pendidikan Agama Islam dengan meningkatkan ketaatan ibadah salat wajib pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dan tingkat ketaatan ibadah salat wajib peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Bina Sejahtera Galaherang serta faktor-faktor apakah yang menunjang dan menghambat dalam meningkatkan ketaatan ibadah salat wajib pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Dengan metode penelitian observasi, wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran angket. Populasi dan sempel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII Madrasah Tsanwiyah Bina Sejahtera Desa Galaherang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan cara logika dan prosentase. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan penafsiran logika sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ketaatan ibadah peserta didik dengan nilai 63,71 %. dan nilai tingkat ketaatan ibadah salat wajib pada peserta didik cukup, dengan nilai 58,33%. Adapun faktor penunjang sangat mencukupi dan faktor penghambat dalam upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ketaatan ibadah salat wajib diantaranya: pengaruh kondisi keluarga yang kurang harmonis, kurangnya perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan tempat tinggal yang jauh dari sarana ibadah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 May 2022 05:57
Last Modified: 12 May 2022 05:57
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item
View Item