HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK (Penelitian di SD Negeri 5 Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Muliawati, Lia (2010) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK (Penelitian di SD Negeri 5 Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (50kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.doc] Text
ABSTRAKSI.doc - Other

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (88kB)
[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK.pdf] Text
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya berawal dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak peserta didik ada hubungannya dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) karena di dalam Pendidikan Agama Islam menekankan pembentukan akhlak peserta didik. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Adakah hubungan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan akhlak peserta didik di kelas VI SD Negeri 5 Kawunglarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan Pendidikan Agama Islam dengan akhlak peserta didik.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Adanya hubungan yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan akhlak peserta didik”. Hipotesis ini iartikan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PAI, maka semakin baik pula akhlak perserta didik. Sebaliknya, semakin rendah tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PAI, maka semakin tidak baik akhlak peserta didik.
Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empiric yang terjadi pada masa sekarang ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung (direct observation), wawancara terstruktur, dan angket tertutup. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun melalui angket dengan sekala pengukuran ordinal. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistika nonparametik. Dikarenakan data atau sample penelitian kedua variabel berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya mengunakan rank spearman (rs) atau peringkat.
Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 68,10. hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam kurang efektif. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 71,30. Hal ini menunjukkan bahwa keadaan akhlak peserta didik kurang baik. Koefisien korelasinya antara variabel X dengan variabel Y yaitu 0,76 (tinggi), karena terletak pada interval 0,61 – 0,80. Derajat determinasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 58,32 %. Sedangkan 41,68% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel = 5,02 > 2,101 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 May 2022 02:43
Last Modified: 14 May 2022 02:43
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item