PENGARUH Kualitas Pembelajaran Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik ( penelitian di SD Negeri 3 Sindangsari Kec.Banjarsari Kab. Ciamis)

Latif, Mugni (2010) PENGARUH Kualitas Pembelajaran Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik ( penelitian di SD Negeri 3 Sindangsari Kec.Banjarsari Kab. Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Skripsi 2.pdf] Text
Skripsi 2.pdf - Cover Image

Download (27kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (55kB)
[thumbnail of skripsi Fulltext.pdf] Text
skripsi Fulltext.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum pendidikan dasar. Dengan adanya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut, diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan akhlak siswa. Sehingga tercipta tujuan pendidikan yakni membentuk manusia yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti / akhlak baik.
Dari uraian di atas, penulis bertujuan ingin mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SD Negeri 3 Sindangsari Banjarsari Kabupaten Ciamis.
Hipotesis yang penulis ajukan adalah bahwa semakin efektif Pembelajaran pendidikan Agama Isalam di Sekolah Dasar maka semakin baik pula akhlak siswa, sebaliknya semakin tidak efektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar maka semakin buruk pula akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptip, dengan teknik penelitian wawancara dan penyebaran angketkepada 32 responden.
Setelah memperoleh data dan melakukan pengolahan dengan analisis statistik parametrik dengan skala pengukuran interval, maka dapat di simpulkan bahwa nilai median varibel X ( Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ) sebesar 51,97 berada pada klasifikasi cukup efektif , sedangkan variable Y ( akhlak siswa ) sebesar 56,1 berada pada klasifikasi cukup baik. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islamterhadap akhlak peserta didik digunakan rumus Rank Sperman ( rs). Dari hasil pengolahan pariabel diperoleh rs sebesar 0,54 berada pada klasifikasi cukup / sedang. Hal ini berarti bahwa Pembelajaran Agama Islam memiliki pengaruh sebesar 29% terhadap akhlak siswa. Adapun 71% diperoleh oleh factor lain seperti pola asuh dalam keluarga dan lingkungan pergaulan. Uji hipotesisnya sebesar 3,4879 sedangkan t table sebesar 1,70. dengan demikian t hitung (3,4879)≥ t table (1,70). Sehingga Pembelajaran Agama Islam mempengaruhi akhlak siswa diterima kebenaranya dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 May 2022 03:07
Last Modified: 14 May 2022 03:07
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item