Pengaruh Pendidikan Di Madrasah Diniyah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah

Nuraeni, Reni (2020) Pengaruh Pendidikan Di Madrasah Diniyah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (222kB)
[thumbnail of Skripsi Reni Nuraeni.pdf] Text
Skripsi Reni Nuraeni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (132kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK

Reni N: Pengaruh Pendidikan Di Madrasah Diniyah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah
Pendidikan agama islam di indonesia merupakan tanggung jawab bagi semua elemen masyarakat, khususnya umat islam itu sendiri. Karena pembelajaran agama di sekolah formal sangat singkat orang tua siswa menambah pelajaran agama bagi anaknya dengan memasukan anaknya ke madrasah diniyah. Selain untuk memperdalam ilmu agama pendidikan di madrasah diniyah bisa juga sebagai tambahan ilmu untuk mencapai presasi belajar di sekolah. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh positif antara pendidikan di madrsah diniyah dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah ?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan di madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah.
Dengan tujuan diatas, maka penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan pola pembinaan, serta materi yang berhubungan dengan pendidikan di madrasah diniyah dan prestasi belajar peserta didik
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi yang terjadi sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh bahwa pendidikan di madrasah diniyah tergolong baik (diperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 45,23. Nilai tersebut berada pada interval 42,36 – 48,54 dengan klasifikasi baik). Sedangkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah tergolong baik (diperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 81,82. Nilai tersebut berada pada interval 81,16 – 82,88 dengan klasifikasi baik). Dan pengaruh pendidikan di madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan kategori tinggi. Terbukti rs=0,75 berada pada interval 0,61-0,80 serta thitung 5,070 ≥ ttabel 1,724. Jadi, pengaruh pendidikan di madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Falah memiliki presentasi sebesar 56% dan 44% faktor lain yang mempengaruhi prestasi peserta didik yaitu faktor eksternal dan faktor internal.
Disarankan kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap pendidikan di madrasah diniyah dan prestasi belajar.
Kata kunci: Pendidikan, Madrasah Diniyah, Prestasi Belajar.

ABSTRACT
Reni N: The Effect Of Education in Madrasa Diniyah on Student Achievement in FIqh Subjects in MTs Miftahul Falah
Islamic education in Indonesia is the responsibility of all elements of society, especially muslims themselves. Because religious learning in formal schools is very short, student’s parents add religious instruction to their children by including their children in madrasas diniyah. In addition to deepening the science of religion, education in madrasa diniyah can also be an additional knowledge to achieve learning achievement in schools. The problem that arises, is there a positive influence between education in madrasa diniyah with student learning achievement in the subject of fiqh in MTs Miftahul Falah?
This study aims to determine the effect Education in Madrasa Diniyah on Student Achievement in Fiqh Subjects in MTs Miftahul Falah
With the above objectives, this research can be beneficial for the development of coaching patterns, as well as material related to Education in Madrasa Diniyah and Student Achievement.
The method used in this study is a descriptive method through a quantitative approach that is research that seeks to reveal the state or condition that is happening now by considering the past conditions through processing the figures obtained from the study.
Based on the results of data processing, it was found that the Education in Madrasa Diniyah were classified as good (obtained an average count of 45,23. These values were at intervals of 42,36 – 48,54 with good classification). While the Student Achievement in Fiqh Subjects in MTs Miftahul Falah is classified as good (obtained an average count of 81,82. The value is in the interval 81,16 – 82,88 with good classification). And the influence of Education in Madrasa Diniyah on Student Achievement in Fiqh Subjects in MTs Miftahul Falah has a significant positive effect on the good category. It was proven that rs = 0.75 was
in the interval 0.61-0.80 and t count 5.070 ≥ table 1.724. So, the effect of Education in Madrasa Diniyah on Student Achievement in Fiqh Subjects in MTs Miftahul Falah has a presentation of 56% and 44% of other factors that external factor and internal factor.
It is recommended to other researchers to conduct further research by examining other factors that also influence the Education in Madrasa Diniyah and Student Achievement.

Keywords: Education, Madrasa Diniyah, Student Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 May 2022 02:51
Last Modified: 14 Jun 2022 04:42
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item